Masjid Al-Barkah

Al-Ishbah

Ahlussunnah wal Jamaah Memberikan Motivasi Agar Umat Memahami A-Qur’an dan Hadits (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

By  |  pukul 11:10 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 25 Januari 2019 pukul 7:08 am

Tautan: http://rodja.id/1my

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab “الإصباح في بيان منهج السلف في التربية والإصلاح” atau biasa disebut dengan “Al-Ishbah fi Bayani Manhajis Salaf fi Tarbiyah wal Ishlah” karya Syaikh Abdullah bin Shalih Al-‘Ubailan hafidzahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. Kitab ini berisi penjelasan tentang kaidah-kaidah Manhaj Salaf dalam tarbiyah dan islah (perbaikan). Kajian ini disampaikan di Radio Rodja dan RodjaTV, pada Kamis pagi, 17 Dzul Qa’idah 1438 H / 10 Agustus 2017 M.

Pada kajian kali ini Ustadz Kurnaedi akan menyampaikan pembahasan tentang “Ahlussunnah wal Jamaah Memberikan Motivasi Agar Umat Memahami A-Qur’an dan Hadits“. Semoga bermanfaat.

Download juga kajian sebelumnya: Ahlussunnah Tidak Berlebih-Lebihan dalam Beramal dan Berpegang pada Sunnah Nabi

Ringkasan Kajian Kaidah manhaj Salaf dalam Tarbiyah dan Islah: Ahlussunnah wal Jamaah Memberikan Motivasi Agar Umat Memahami A-Qur’an dan Hadits

Pada kaidah ini, penulis menurunkan beberapa dalil dari Al-Qur’an dan dari hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kemudian membawakan beberapa perkataan ulama.

Diantara dalil yang disebutkan dalam kitab ini adalah apa yang telah Allah Subhanahu wa Ta’ala firmankan dalam surat Al-Baqarah ayat ke-78:

وَمِنْهُمْ أُمِّيُّونَ لَا يَعْلَمُونَ الْكِتَابَ إِلَّا أَمَانِيَّ وَإِنْ هُمْ إِلَّا يَظُنُّونَ ﴿٧٨﴾

“Dan diantara mereka ada yang buta huruf, tidak mengetahui Al Kitab (Taurat), kecuali dongengan bohong belaka dan mereka hanya menduga-duga.”(Q.S Al-Baqarah[2]: 78)

Baca Juga:
Sikap Seorang muslim dalam Menghadapi Ikhtilaf Ulama (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Dalam ayat ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala mencela orang-orang Yahudi yang mereka memiliki kitab Taurat tetapi mereka tidak memahami isi dari kitab Taurat tersebut. Mereka melihat tetapi mereka tidak bisa memahami isinya. Syaikh Shalih bin Utsaimin rahimahullahu ta’ala menyebutkan beberapa faidah yang terdapat dalam ayat ini, yaitu:

  1. Diantara Bani Israil ada yang tidak paham makna Taurat. Akan tetapi mereka hanya membaca saja dan tidak mengetahui isi yang mereka baca.
  2. Celaan terhadap orang yang tidak memahami makna kitab Allah. Allah menurunkan Al-Qur’an untuk ditadabburi supaya manusia paham maknanya.
  3. Ayat ini mendorong kaum muslimin untuk memahami kitab Allah. Sebagaimana para sahabat, mereka membaca Al-Qur’an dan tidak melewati sepuluh ayat setiap harinya, melainkan mereka mempelajari apa-apa yang ada dan apa yang terkandung di dalamnya dari ilmu dan amalnya.
  4. Anjuran dari Allah untuk memahami kitab Allah. Merupakan hal yang sangat disayangkan bahwa kenyataan yang terjadi ditengah-tengah kaum muslimin banyak sekali yang tidak memahami kitab Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ketika kaum muslimin zaman sekarang hanya memperhatikan lafadznya saja dan tidak memahami makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an, maka pengaruhnya tampak pada ketertinggalan kaum muslimin sekarang. Berbeda dengan kaum salafus shalih yang mempraktikkan isi Al-Qur’an.
  5. Orang yang tidak mengetahui makna dari Al-Qur’an kecuali lafadz saja, dia terjatuh dalam menafsirkan Al-Qur’an. Oleh karena itu hendaknya setiap muslim memiliki semangat untuk memahami kitab Allah.
Baca Juga:
Bimbingan Tajwid: Praktik Membaca Al-Qur'an secara Tadwir - Surat Yunus: 88-109 (Ustadz Abu Unais Ali Subana)

Dalam Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat ke-82 Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ ۚ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللَّـهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا ﴿٨٢﴾

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.”(Q.S An-Nisa’ [4]: 82)

Download Kajian Kaidah manhaj Salaf dalam Tarbiyah dan Islah: Ahlussunnah wal Jamaah Memberikan Motivasi Agar Umat Memahami A-Qur’an dan Hadits


Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.