Amalan-Alaman Yang Masuk Dalam Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

By  |  pukul 6:39 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 12 Jumadil awal 1439 / 29 Januari 2018 pukul 8:23 pm

Tautan: http://rodja.id/1ol

Amalan-Alaman Yang Masuk Dalam Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman  adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (التوضيح والبيان لشجرة الإيمان), sebuah kitab buah karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah. Pembahasan ini disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr

Penerjemah: Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Download kajian sebelumnya tentang Muqaddimah – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Status program kajian kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Telah Selesai. 

Ringkasan Amalan-Alaman Yang Masuk Dalam Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah mengatakan, “termasuk diantara pokok keimanan yang paling agung adalah  mengakui keesaan Allah bahwa Dia mempunyai keistimewaan untuk diesakan dan diibadahi. Begitupula termasuk diantara pokok keimanan yang paling agung adalah mengibadahi Allah saja yang tidak ada sekutu baginya. Mengikhlaskan atau memurnikan agama ini hanya untuk Allah, menjalankan seluruh syariat Islam baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Semua ini adalah termasuk pokok-pokok keimanan”

Paragraf di atas merupakan petunjuk dan penjelasan kalimat tauhid ” لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ “. Tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah. Kalimat ini dibangun diatas penafikan dan penetapan. Menafikan peribadatan kepada selain Allah dan menetapkan semua ibadah hanya untuk Allah saja. Inilah arti dari penafikan dan penetapan. Hal ini adalah wujud berlepas diri dari kesyirikan.

Termasuk diantara pokok-pokok keimanan adalah menjalankan semua syariat Islam. Baik yang lahir maupun yang batin (amalan hati). Allah subhanahu wa ta’ala memberikan balasan surga dan selamat dari neraka karena keimanan ini. Allah subhanahu wa ta’ala  juga memberikan keridhoan, keberuntungan, keselamatan, kebahagiaan dengan keimanan tersebut. Ini menunjukkan bahwa iman mencakup aqidah, amalan hati dan juga semua amalan anggota badan. Apabila ada yang kurang dari bagian-bagian keimanan tersebut, begitu pula pahalanya akan berkurang. Siksaannya juga akan bertambah sesuai kekurangan dalam keimanan seseorang.

Masuknya surga seseorang dan kebahagiaan sesorang tidaklah bisa terwujud kecuali dengan keimanan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ditanya tentang amalan yang paling banyak memasukkan orang kedalam surga. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Dari Abu Hurairah, ia berkata,

سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ الْجَنَّةَ فَقَالَ : تَقْوَى اللَّهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ ». وَسُئِلَ عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ النَّارَ فَقَالَ : الْفَمُ وَالْفَرْجُ »

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai perkara yang banyak memasukkan seseorang ke dalam surga, beliau menjawab, “Takwa kepada Allah dan berakhlak yang baik.” Beliau ditanya pula mengenai perkara yang banyak memasukkan orang dalam neraka, jawab beliau, “Perkara yang disebabkan karena mulut dan kemaluan.” (HR. Tirmidzi)

Ini menunjukkan bahwa taqwa kepada Allah dan akhlak yang baik termasuk dalam keimanan. Karena surga Allah subhanahu wa ta’ala diberikan kepada yang bertaqwa dan berakhlak mulia. Sehingga ini menunjukkan bahwa amalan-amalan keimanan masuk dalam istilah iman. Dan pahala yang dijanjikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dari amalan ini, masuk dalam keimanan.

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama tentang Amalan-Alaman Yang Masuk Dalam Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    0:00
    0:00