Select Page

Amalan-Alaman Yang Masuk Dalam Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Radio RodjaDownloadKajianSyaikh 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-BadrAt-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil ImanAmalan-Alaman Yang Masuk Dalam Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Amalan-Alaman Yang Masuk Dalam Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Terakhir diperbaharui: Kamis, 24 Rabiul akhir 1439 / 11 Januari 2018 pukul 11:01
Tautan: http://rodja.id/1ol

Amalan-Alaman Yang Masuk Dalam Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman  adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (التوضيح والبيان لشجرة الإيمان), sebuah kitab buah karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah. Pembahasan ini disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr

Penerjemah: Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Download kajian sebelumnya tentang Muqaddimah – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Status program kajian kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Aktif إن شاء الله live setiap ahad dan senin sore Pukul 17:00 - 18:00 WIB dari Madinah

Ringkasan Amalan-Alaman Yang Masuk Dalam Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah mengatakan, “termasuk diantara pokok keimanan yang paling agung adalah  mengakui keesaan Allah bahwa Dia mempunyai keistimewaan untuk diesakan dan diibadahi. Begitupula termasuk diantara pokok keimanan yang paling agung adalah mengibadahi Allah saja yang tidak ada sekutu baginya. Mengikhlaskan atau memurnikan agama ini hanya untuk Allah, menjalankan seluruh syariat Islam baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Semua ini adalah termasuk pokok-pokok keimanan”

Paragraf di atas merupakan petunjuk dan penjelasan kalimat tauhid ” لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ “. Tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah. Kalimat ini dibangun diatas penafikan dan penetapan. Menafikan peribadatan kepada selain Allah dan menetapkan semua ibadah hanya untuk Allah saja. Inilah arti dari penafikan dan penetapan. Hal ini adalah wujud berlepas diri dari kesyirikan.

Termasuk diantara pokok-pokok keimanan adalah menjalankan semua syariat Islam. Baik yang lahir maupun yang batin (amalan hati). Allah subhanahu wa ta’ala memberikan balasan surga dan selamat dari neraka karena keimanan ini. Allah subhanahu wa ta’ala  juga memberikan keridhoan, keberuntungan, keselamatan, kebahagiaan dengan keimanan tersebut. Ini menunjukkan bahwa iman mencakup aqidah, amalan hati dan juga semua amalan anggota badan. Apabila ada yang kurang dari bagian-bagian keimanan tersebut, begitu pula pahalanya akan berkurang. Siksaannya juga akan bertambah sesuai kekurangan dalam keimanan seseorang.

Masuknya surga seseorang dan kebahagiaan sesorang tidaklah bisa terwujud kecuali dengan keimanan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ditanya tentang amalan yang paling banyak memasukkan orang kedalam surga. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Dari Abu Hurairah, ia berkata,

سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ الْجَنَّةَ فَقَالَ : تَقْوَى اللَّهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ ». وَسُئِلَ عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ النَّارَ فَقَالَ : الْفَمُ وَالْفَرْجُ »

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai perkara yang banyak memasukkan seseorang ke dalam surga, beliau menjawab, “Takwa kepada Allah dan berakhlak yang baik.” Beliau ditanya pula mengenai perkara yang banyak memasukkan orang dalam neraka, jawab beliau, “Perkara yang disebabkan karena mulut dan kemaluan.” (HR. Tirmidzi)

Ini menunjukkan bahwa taqwa kepada Allah dan akhlak yang baik termasuk dalam keimanan. Karena surga Allah subhanahu wa ta’ala diberikan kepada yang bertaqwa dan berakhlak mulia. Sehingga ini menunjukkan bahwa amalan-amalan keimanan masuk dalam istilah iman. Dan pahala yang dijanjikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dari amalan ini, masuk dalam keimanan.

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama tentang Amalan-Alaman Yang Masuk Dalam Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

About The Author

Menebar Cahaya Sunnah

Tinggalkan Balasan

Tanggal

Radio Streaming

Server Internasional High Quality

Status: ONLINE | Bitrate: 128 kbps | Pendengar: 490 | Maksimal: 3072

Server Internasional Low Quality

Status: ONLINE | Bitrate: 24 kbps | Pendengar: 52 | Maksimal: 3072

Server Indonesia High Quality

Status: ONLINE | Bitrate: 128 kbps | Pendengar: 164 | Maksimal: 2000

Server Indonesia Low Quality

Status: ONLINE | Bitrate: 24 kbps | Pendengar: 18 | Maksimal: 2000

Audio RodjaTV High Quality

Status: ONLINE | Bitrate: 130 kbps | Pendengar: 70 | Maksimal: 2000

Jadwal Acara

Jadwal Hari Rabu

01:00 — 02:00 AsatidzKajian TematikRekaman

02:00 — 05:30 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

07:00 — 07:30 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

07:30 — 08:00 Resensi Buku

08:00 — 10:00 Ustadz Ahmad Zainuddin, LcKajian TematikLIVE dari Banjarmasin

10:00 — 11:30 Sinshe Abu MuhammadSehat dengan Thibbun NabawiLIVE dari Studio Rodja TV

11:30 — 12:30 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

12:30 — 13:00 Penerjemah: Ustadz JunaediFatawa UlamaLIVE dari Tegal

13:00 — 14:30 Ustadz Hamzah AbbasBimbingan Bahasa Arab Jilid 1Rekaman

14:30 — 16:30 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

16:30 — 18:00 Ustadz Jazuli, LcBimbingan Islam untuk Pribadi dan MasyarakatLIVE dari Jakarta

18:00 — 19:00 Ustadz Abdullah Zain, Lc, M.A.Tafsir Al Qur'an - Juz AmmaLIVE dari Masjid Agung Darussalam, Purbalingga

19:00 — 20:00 Resensi Buku

20:00 — 21:30 Ustadz Zainal Abidin SyamsuddinSyarah Bulughul MaramLIVE dari Studio Rodja TV

21:30 — 22:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

22:00 — 23:30 Ustadz Mubarok Bamualim, Lc., M.H.IRiyadhus ShalihinRekaman

23:30 — 01:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

23:30 — 00:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

Arsip