Telegram Rodja Official

Zadul Mustaqni

Konsekuensi Akad Khiyar – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  | 

Konsekuensi Akad Khiyar – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni adalah kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. yang merupakan rekaman kajian kitab زاد المستقنع في اختصار المقنع atau populer dengan sebutan Kitab Zadul Mustaqni. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Hanbali, karya Syaikh Syarifuddin Abu Naja Musa bin Ahmad Al-Hajawi rahimahullah dan merupakan ringkasan dari Kitab Al-Muqni karya Ibnu Qudamah rahimahullah.

Download kajian sebelumnya: Khiyar Syarat Bagian 2 – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni

Download juga Kitab Zadul Mustaqni – Format PDF di sini

Ringkasan Kajian Tentang Konsekuensi Akad Khiyar – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni

Bagi orang yang memiliki hak khiyar, baik itu khiyar majelis maupun khiyar syarat. Dia berhak membatalkan akad walaupun salah seorangnya tidak ada dan marah-marah.

Kepemilikan dalam masa khiyar adalah milik yang membeli. Hal ini berdasarkan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa yang menjual budak dan budak tersebut memiliki harta, maka hartanya milik penjual, kecuali pembeli mensyaratkan (bahwa harta budak menjadi miliknya)” (HR Bukhari & Muslim)

Baca Juga:
Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu'amalah - Bagian ke-2 - Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Pada hadits di atas, digambarkan bahwa ada objek akad dan pengikutnya yang tidak disebutkan dalam akad. Objeknya adalah budak, sedangkan pengikutnya adalah harta milik si budak. Hal ini menunjukkan bahwa pada masalah khiyar, barang menjadi milik pembeli walaupun belum lazim. Tetapi resiko dan keuntungan menjadi milik dia (pembeli).

Misalnya seseorang membeli sapi. Kemudian pembeli mengatakan, “saya terima, ini uangnya, tapi saya berfikir selama tiga hari“. Berarti pada kasus ini ada hak khiyar syarat. Maka dengan akad tadi, berpindah kepemilikan dari penjual kepada pembeli. Dia mendapatkan keuntungan dan kerugian pun dia yang menanggung. Jika pada masa khiyar selama tiga hari itu ternyata sedang menyusui, maka susu sapi itu milik pembeli. Kemudian, ketika setelah tiga hari jual beli itu dibatalkan, penjual tidak boleh meminta ganti rugi dari susu yang diambil pembeli.

Download MP3 Kajian Tentang Konsekuensi Akad Khiyar – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni


Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Baca Juga:
Tanya-Jawab: Pemilu: Nasihat tentang Pemilu dan adanya sikap saling mencela antara Ahlus Sunnah terhadap fatwa para ulama

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Download: Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Khutbah Idul Adha, kultum, ceramah singkat, shalawat, shalat jenazahrukun Islamrukun Iman, ziarah kubur,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.