Telegram Rodja Official

Zadul Mustaqni

Konsekuensi Akad Khiyar Bagian 3 – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 10:19 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 24 Januari 2018 pukul 10:57 am

Tautan: http://rodja.id/1ph

Konsekuensi Akad Khiyar Bagian 3 – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni adalah kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. yang merupakan rekaman kajian kitab زاد المستقنع في اختصار المقنع atau populer dengan sebutan Kitab Zadul Mustaqni. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Hanbali, karya Syaikh Syarifuddin Abu Naja Musa bin Ahmad Al-Hajawi rahimahullah dan merupakan ringkasan dari Kitab Al-Muqni karya Ibnu Qudamah rahimahullah.

Download kajian sebelumnya: Konsekuensi Akad Khiyar Bagian 2 – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni

Download juga Kitab Zadul Mustaqni – Format PDF di sini

Ringkasan Kajian Tentang Konsekuensi Akad Khiyar Bagian 3 – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni

Perbuatan pembeli yang merupakan konsekuensi dari kepemilikan dia dengan pembelian barang. Seperti barang yang dalam khiyar tadi dia sewakan atau dia jual. Perbuatan pembeli ini, berarti dia membatalkan khiyarnya.

Contoh pada masalah ini. Jika seorang pembeli rumah mensyaratkan khiyar selama satu bulan. Kemudian baru tiga hari ada orang lain yang ingin menyewa rumah selama satu tahun dan disetujui. Maka hak khiyar yang 27 hari lagi menjadi hilang. Jika sipenyewa membatalkan atau tidak jadi menyewa, dia tidak bisa lagi membatalkan jual beli. Yang bisa dilakukan adalah dijual kembali kepada penjual pertama jika dia setuju. Jika penjual pertama tidak setuju, maka tidak ada hak dari pembeli untuk memaksa penjual pertama menerima kembali dan memberikan uangnya.

Baca Juga:
Tanya-Jawab: Bagaimana menyikapi isu yang mengatakan bahwa pemerintah Saudi Arabia akan membongkar dan menghancurkan makam Nabi?

Jika ada yang wafat dari keduanya, maka batal khiyar yang wafat tersebut. Sedangkan khiyar bagi yang masih hidup, tetap berlaku. Ini pendapat dari penulis. Namun pendapat para ulama, yang terkuat adalah hak khiyar tersebut berpindah kepada ahli waris.

Download MP3 Kajian Tentang Konsekuensi Akad Khiyar Bagian 3 – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni


Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

83 − 77 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.