Telegram Rodja Official

Tematik

Hakikat Hikmah – Ringkasan Daurah Syar’iyyah Bersama Syaikh Ibrahim bin Amir Ar Ruhaly

By  |  pukul 10:43 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 05 Februari 2018 pukul 10:49 am

Tautan: http://rodja.id/1px

Hakikat Hikmah – Ringkasan Daurah Syar’iyyah Bersama Syaikh Ibrahim bin Amir Ar Ruhaly. Ringkasan ini disampaikan oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.

Ceramah agama ini adalah ringkasan yang diambil dari pembekalan untuk para da’i bersama Syaikh Ibrahim bin Amir Ar Ruhaly di Surakarta.  Surakarta, Jawa Tengah pada selasa, 21 Rabi’ul Akhir 1439 / 9 Januari 2018 pukul 06:17-07:39 WIB.

Hakikat Hikmah – Ringkasan Daurah Syar’iyyah Bersama Syaikh Ibrahim bin Amir Ar Ruhaly

Kajian ini membahas tentang hikmah. Diantara poin-poin yang dibahas adalah hakikat hikmah, keutamaan hikmah, tingkatan hikmah dan bagaimana pelaksanaanya dalam kehidupan seorang muslim. Secara khusus yakni hikmah yang berkaitan dengan dakwah, muamalah, menuntut ilmu, akhlak dan yang lainnya.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa kalimat hikmah berarti anugrah yang sangat agung dari Allah kepada hambaNya. Sehingga siapa yang mendapatkan anugrah ini, yaitu memiliki sifat hikmah, maka dia akan menjadi manusia terbaik karena dia telah diberikan kebaikan yang sangat agung oleh Allah subhanahu wa ta’ala. 

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَن يَشَاءُ ۚ وَمَن يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ ﴿٢٦٩﴾

Baca Juga:
Penjelasan Ayat Tentang Puasa - Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 184-185

Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).

Hikmah, dalam arti yang sederhana adalah sikap bijak atau bijaksana. Dimana seseorang menempatkan sesuatu pada tempatnya. Sikap bijak, tidak keliru, tidak terburu-buru, menentukan sesuatu dengan melihat manfaat dan mudharat, berlaku adil dan tidak sembarangan dalam mengambil sikap.

Sikap bijak ini sangat dibutuhkan oleh siapa saja. Terutama seseorang penuntut ilmu atau da’i yang mengajak kepada kebaikan. Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak mungkin seseorang dapat memiliki sifat ini kecuali dengan cahaya dari Allah subhanahu wa ta’ala dan RasulNya.

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama tentang Hakikat Hikmah – Ringkasan Daurah Syar’iyyah Bersama Syaikh Ibrahim bin Amir Ar Ruhaly

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Baca Juga:
Sifat Murah Hati dan Suka Membantu

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× 1 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.