Sebab-Sebab Bertambahnya Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

By  |  pukul 8:07 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 26 Jumadil awal 1439 / 12 Februari 2018 pukul 8:50 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=29935

Sebab-Sebab Bertambahnya Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman  adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (التوضيح والبيان لشجرة الإيمان), sebuah kitab buah karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah. Pembahasan ini disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr

Penerjemah: Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Download kajian sebelumnya tentang Kiat dan Pentingnya Menjaga Keimanan – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman

Status program kajian kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Telah Selesai. 

Ringkasan Kajian Tentang Sebab-Sebab Bertambahnya Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah mengatakan bahwa diantara sebab-sebab menguat dan bertambahnya keimanan yaitu dengan cara mentadabburi Al-Qur’an. Orang yang mentadabburi Al-Qur’an akan mengambil faidah yang sangat banyak dari ilmu-ilmu dan makna yang terkandung didalam Al-Qur’an. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Baca Juga:  Jumlah Rakaat Shalat Malam

…وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ ﴿٢﴾

…apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” (QS. Al-Anfal [8]: 2)

Juga apabila seorang muslim memperhatikan keindah susunan Al-Qur’an, kesempurnaan isi dan maknanya dan bahwasannya keseluruhan ayat Al-Qur’an saling membenarkan antara satu dengan yang lainnya. Dengan demikian dia akan semakin yakin bahwa Al-Qur’an tidak ada kebatilan baik didepan maupun dibelakangnya. Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan oleh Dzat yang Maha Bijaksana dan Maha terpuji.

Seandainya Al-Qur’an ini bukan datang dari sisi Allah subhanahu wa ta’ala tentu manusia akan mendapatkan banyak pertentangan di dalam Al-Qur’an. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Baca Juga:  Kesempurnaan Iman dan Sebab-Sebab yang Menumbuhkannya - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ ۚ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللَّـهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا ﴿٨٢﴾

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (QS. An-Nisa [4]: 82)

Mentadabburi Al-Qur’an merupakan cara terbaik agar seseorang menambah keimanannya. Seorang muslim yang membaca Al-Qur’an dan mengetahui apa-apa yang dikandung dari Al-Qur’an (kabar-kabar yang benar, hukum-hukum yang sempurna) tentu dia akan mendapatkan kebaikan yang sangat banyak. Terlebih lagi jika dia berusaha memahami dengan baik dan berusaha mengetahui rahasia-rahasia yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Orang-orang yang memiliki keimanan yang sempurna, mereka akan mengatakan:

رَّبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا ۚ …

Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu”, maka kamipun beriman….” (QS. Ali-Imran [3]: 193)

Baca Juga:  Kala Kesedihan Melanda Hati Bagian 3 - Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama tentang Sebab-Sebab Bertambahnya Keimanan Bagian 1 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00