Fitnah Harta – Kitab Shaidul Khathir (Ustadz Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 1:12 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 07 Jumadil akhir 1439 / 23 Februari 2018 pukul 1:59 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=30084

Fitnah Harta – Kitab Shaidul Khathir merupakan ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini merupakan bagian dari pembahasan Kitab Shaidul Khathir. Kitab ini berisi tentang fikiran-fikiran yang melintas dibenak Ibnul Jauzi yang lahir pada 509 atau 510 H. 

Kajian Tentang Fitnah Harta – Kitab Shaidul Khathir

Termasuk tipu daya setan dan makarnya terhadap para pemilik harta dimana mereka berusaha untuk menyibukkan para pemilik harta itu dengan angan-angan dan disibukkan dengan kelezatan-kelezatan yang menyebabkan mereka terputus dari kehidupan akhirat.

Pada pembahasan ini Ibnul Jauzi seakan ingin mengingatkan khusus kepada mereka yang diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala harta dan kekayaan. Karena apabila setan telah mengikat mereka dengan harta dan serakah dengannya, maka setan akan memerintahkan kepada mereka untuk berfikir bagaimana menjaga harta tersebut sehingga menyebabkan mereka menjadi bakhil dan merasa berat untuk berinfak dijalan Allah subhanahu wa ta’ala.

Tipu daya setan yang lain adalah dengan menakut-nakuti untuk mencari nafkah. Setan membisikkan kepada manusia bahwa jika manusia mencari nafkah maka manusia akan tergoda dan tertipu dengan dunia. Akhirnya manusia tidak mau mencari nafkah dengan alasan ingin mencari akhirat dan rejeki sudah diatur dan lainnya. Sementara Islam menganjurkan kita untuk mencari nafkah.

Baca Juga:  Mengenal Nama Allah Ar-Rabb - Kitab Mausu'ah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Dua hal di atas merupakan makar setan yang tentunya tidak benar dan tidak sesuai dengan yang Allah inginkan. Lalu yang benar seperti apa? Yang benar adalah seperti yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Mereka berbisnis, berdagang, mencari rejeki yang halal sebagaimana yang diperintahkan Allah subhanahu wa ta’ala. Tapi perdagangan mereka tidak melalaikan mereka dari kehidupan akhirat. Oleh karena itu Allah memuji mereka dalam Al-Qur’an:

رِجَالٌ لَّا تُلْهِيهِمْ تِجَارَةٌ وَلَا بَيْعٌ عَن ذِكْرِ اللَّـهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ۙ …

laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat…” (QS. An-Nur[24]: 37)

Baca Juga:  Tafsir Surat Al-Bayyinah - Bagian ke-2 - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Fitnah Harta – Kitab Shaidul Khathir


Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahufiikum

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.