Telegram Rodja Official

Tidur Sesuai Sunnah – Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 10:08 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 11 Jumadil akhir 1439 / 27 Februari 2018 pukul 11:07 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=30128

Tidur Sesuai Sunnah adalah ceramah agama Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya.

Download juga kajian sebelumnya: Waktu Menggunakan Telepon – Panduan Amal Sehari Semalam

Ceramah agama tentang Tidur Sesuai Sunnah

Islam adalah agama yang sangat sempurna. Allah subhanahu wa ta’ala yang menciptakan manusia telah menurunkan aturan dan pedoman hidup yang apabila manusia mengikuti sistem yang diturunkan oleh Allah itu, maka dia akan selamat dunia akhirat. Tidak ada satupun aktivitas manusia di muka bumi ini melainkan Islam telah mengaturnya. Sehingga dikatakan sampai burung yang mengepakkan kedua sayapnya di udara telah dijelaskan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Apalagi dengan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas keseharian manusia. Termasuk diantaranya perihal tidur.

Baca Juga:  Memahami Hakikat Kauniyah dan Syari'yah dengan Benar - Kitab Al-'Ubudiyah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Boleh dikatakan bahwa sebagian umur atau usia manusia dihabiskan untuk tidur. Mulai dari lahir sampai meninggal dunia, aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh seorang manusia adalah tidur. Oleh karena itu seorang mukmin tentunya harus memperhatikan faidah apa yang bisa dipetik dari aktivitas tidur ini sehingga rutinitas ini menjadi salah satu amalan yang memperberat timbangan kebaikannya.

Lalu bagaimana kita memanfaatkan waktu tidur ini sehingga waktu tidur kita menjadi tidur yang berkualitas dan bisa membawa kebaikan bagi kita?

Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu pernah berkata, “aku berharap pahala dari tidurku sebagaimana aku mengharap pahala dari shalat malamku“. Lihatlah. Mereka meniatkan tidurnya untuk istirahat agar bisa segar beribadah pada malam hari. Atau mereka tidur siang hari untuk membantu mereka bisa mengerjakan shalat dimalam hari. Khususnya bagi orang-orang yang rutin mengerjakan shalat malam, tidur siang adalah salah satu amalan yang dapat membantu mereka untuk tetap bugar dan segar ketika mengerjakan atau bisa bangun pada malam hari.

Baca Juga:  Melawan Hawa Nafsu dan Meninggalkan Sebab-Sebabnya

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan secara detail tentang perkara-perkara yang berkaitan dengan tidur ini. Dalam Islam, ada waktu tidur yang dianjuran, dimakruhkan dan ada pula waktu tidur yang dilarang.

Waktu tidur yang dianjurkan adalah tidur siang dan tidur malam. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

قِيْلُوا فَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ لاَ تَقِيْلُ

Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.

Tentunya ini adalah amalan yang berpaha. Maka niatkanlah tidur siang itu untuk melaksanakan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang pada hari ini banyak ditinggalkan oleh manusia. Kedua, niatkanlah untuk menyelisihi setan karena setan tidak tidur siang. Ketiga, berharaplah dengan tidur siang itu kita bisa melaksanakan kewajiban-kewajiban kita yang lain. Tidur siang ini akan membantu kita mengembalikan semangat dan gairah kita untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban selanjutnya.

Baca Juga:  Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 136

Simak penjelasan lengkapnya dan download MP3 ceramah agama tentang Tidur Sesuai Sunnah

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

 

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.