Telegram Rodja Official

Menyelisihi Manhaj Salaf Bersifat Menjauhkan Umat dari Agama – Al-Ishbah (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

By  |  pukul 1:18 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 17 Muharram 1440 / 27 September 2018 pukul 10:47 am

Tautan: https://rodja.id/21p

Menyelisihi Manhaj Salaf Bersifat Menjauhkan Umat dari Agama adalah Kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. Kajian ini merupakan bagian dari kajian kitab “الإصباح في بيان منهج السلف في التربية والإصلاح” atau biasa disebut dengan “Al-Ishbah fi Bayani Manhajis Salaf fi Tarbiyah wal Ishlah” karya Syaikh Abdullah bin Shalih Al-‘Ubailan hafidzahullah.

Download juga kajian sebelumnya: Al-Ghuluw dan Al-Irja’ Menyelisihi Manhaj Salaf – Al-Ishbah

Kajian Islam Tentang Menyelisihi Manhaj Salaf Bersifat Menjauhkan Umat dari Agama

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

لَوْ خَرَجُوا فِيكُم مَّا زَادُوكُمْ إِلَّا خَبَالًا وَلَأَوْضَعُوا خِلَالَكُمْ يَبْغُونَكُمُ الْفِتْنَةَ وَفِيكُمْ سَمَّاعُونَ لَهُمْ ۗ وَاللَّـهُ عَلِيمٌ بِالظَّالِمِينَ ﴿٤٧﴾

Jika mereka berangkat bersama-sama kamu, niscaya mereka tidak menambah kamu selain dari kerusakan belaka, dan tentu mereka akan bergegas maju ke muka di celah-celah barisanmu, untuk mengadakan kekacauan di antara kamu; sedang di antara kamu ada orang-orang yang amat suka mendengarkan perkataan mereka. Dan Allah mengetahui orang-orang yang zalim.” (QS. At-Taubah [9]: 47)

Baca Juga:  Tidak Berada diatas Manhaj Yang Benar Namun Bahagia?

Allah juga berfirman dalam surat Al-Maidah ayat 51:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الْيَهُودَ وَالنَّصَارَىٰ أَوْلِيَاءَ ۘ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ وَمَن يَتَوَلَّهُم مِّنكُمْ فَإِنَّهُ مِنْهُمْ ۗ إِنَّ اللَّـهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ ﴿٥١﴾

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Maidah [5]: 51)

Imam Ibnu Qayyim rahimahullah berkata, bahwa sesungguhnya orang-orang yang menyelisihi manhaj salaf, tidak hanya menutup bagi diri mereka pintu bantahan terhadap musuh-musuh Islam. Hal ini dikarenakan oleh kesesuaian diantara ahlul bid’ah dengan musuh-musuh Islam dalam menafikan dan ta’thil. Sehingga mereka membuka pintu dan memberikan jalan untuk musuh-musuh Islam dalam memerangi Al-Qur’an dan sunnah. Ketika orang-orang kuffar masuk melalui pintu ini, maka mereka semua satu barisan. Mereka bersama satu barisan dalam memerangi wahyu (Al-Qur’an dan sunnah). Mereka mengklaim bahwa akal menyelisihinya. Padahal yang benar adalah hendaknya akal dibawah wahyu.

Baca Juga:  Bentuk-Bentuk Wara - Bagian ke-2 - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Simak Kajian Lengkapnya dan Download MP3 Ceramah Agama Tentang Menyelisihi Manhaj Salaf Bersifat Menjauhkan Umat dari Agama


Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama tentang Menyelisihi Manhaj Salaf Bersifat Menjauhkan Umat dari Agama ini. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda dan bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lain.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Baca Juga:  Kaum Muslimin Tergantung pada Syarat-Syarat Yang Dibuat Oleh Mereka

Hukum berdakwah dengan musik, Musik untuk berdakwah

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.