Telegram Rodja Official

Yang Paling Utama – Hadits 1494-1496 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah (Ustadz Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 9:51 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 15 Jumadil akhir 1439 / 03 Maret 2018 pukul 10:26 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=30208

Yang Paling Utama – Hadits 1494-1496 merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah.

Download juga kajian sebelumnya: Perpecahan Umat Islam – Hadits 1492-1493 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Ahad malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' waktu Jakarta (18:00-19:30 WIB)



Status program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Baca Juga:  Hakikat Pemuliaan Terhadap Seorang Manusia

Kajian Islam Tentang Yang Paling Utama – Hadits 1494-1496 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits 1494

أفضلُ الأعمال أن تدْخل على أخيكَ المؤمنِ سرورا أو تقضي عنه دينا أو تطعمَهُ خبزا

Amal yang paling utama adalah kamu memberikan kabar gembira kepada seorang mukmin atau melunaskan hutangnya atau memberinya makan

Dari hadits di atas, dapat kita ambil pelajaran bahwa hendaknya seorang mukmin berusaha untuk membantu saudaranya. Seorang mukmin hendaknya tidak hanya memikirkan dirinya sendiri. Faidah selanjutnya adalah bahwa amalan yang bermanfaat untuk orang lain lebih baik dan utama dari pada amal yang hanya manfaatnya untuk diri kita sendiri.

Hadits 1995

Baca Juga:  Saling Meninggikan Bangunan - Bab 212-213 - Hadits 449-456 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

أفضلُ الإيمان الصبرُ والسماحة

Iman yang paling afdhal adalah sabar dan tidak menyulitkan

Hadits ini menunjukkan bahwa amal yang paling utama dalam keimanan adalah sabar. Dan memang tanpa kesabaran kita tidak bisa beriman. Karena keimanan adalah keyakinan dengan hati, ucapan dengan lisan dan amalan dengan anggota badan. Untuk mengamalkan dengan anggota badan inilah diperlukan kesabaran. Ali bin Abi Thalib berkata, “kesabaran didalam iman adalah seperti kepala untuk badan. Sebagimana badan tidak dapat hidup tanpa kepala, imanpun tidak bisa hidup tanpa kesabaran“.

Faidah selanjutnya adalah السماحة yang berarti mudah dan tidak menyulitkan. Maka dari itulah bahwa agama Islam adalah agama yang mudah. Islam tidak memberatkan umatnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kita bersikap berlebih-lebihan yang merupakan kebalikan dari As-Samahah ini. Yang perlu diperhatikan adalah mudahnya tetap sesuai syariat, bukan mudah sesuai syahwat.

Baca Juga:  Sifat Orang Yang Mulia dan Orang Yang Hina

Sebagian orang salah dalam memahami hadits ini, sehingga mereka mencari yang paling mudah walaupun hal itu tidak sesuai dengan syariat. Akhirnya mereka mencari-cari keringanan para ulama. Kemudian mereka mengambil pendapat yang paling ringan untuk dikerjakan tanpa melihat apakah itu pendapat yang batil atau tidak. Hal ini jelas tidak dibenarkan.

Hadits 1996 – Menit ke- 13:06

Simak penjelasan lengkap dan download mp3 ceramah agama tentang Yang Paling Utama – Hadits 1494-1496 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Download: Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Khutbah Idul Adha, kultum

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.