Telegram Rodja Official

Al-Ibanah

Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk – Kitab Al-Ibanah

By  |  pukul 2:37 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 04 Juni 2018 pukul 8:34 pm

Tautan: https://rodja.id/1w4

Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk adalah rekaman kajian ilmiah yang membahas masalah aqidah ahlussunnah wal jamaah. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dari kitab الإبانة عن أصول الديانة Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah atau ada juga yang menyebutnya dengan al-Ibanah fi Ushul ad-Diyanah, karya seorang ulama besar yang bernama Syaikh Imam Abul Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari rahimahullah atau terkenal dengan sebutan Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah.

Download juga pengajian sebelumnya: “Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk – Kitab Al-Ibanah

Kajian Tentang Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk – Kitab Al-Ibanah

Pembahasan sebelumnya telah dijelasnkan bahwa Allah memiliki sifat Al-Kalam. Yaitu berbicara. Secara hukum asalnya, sifat ini adalah sifat yang selalu menyertai dzat Allah subhanahu wa ta’ala.

Diantara dalil yang disebutkan oleh Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah adalah:

إِنَّمَا قَوْلُنَا لِشَيْءٍ إِذَا أَرَدْنَاهُ أَن نَّقُولَ لَهُ كُن فَيَكُونُ ﴿٤٠﴾

Sesungguhnya perkataan Kami terhadap sesuatu apabila Kami menghendakinya, Kami hanya mengatakan kepadanya: “kun (jadilah)”, maka jadilah ia.” (QS. An-Nahl [16]: 40)

Diatara ayat yang menjelaskan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala memiliki sifat Al-Kalam dan kalam Allah itu bukanlah makhluk. Yaitu firman Allah dalam surat Al-Kahfi dalam ayat ke-109:

Baca Juga:
Mengagungkan Bulan Dzulhijjah

قُل لَّوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِّكَلِمَاتِ رَبِّي لَنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ أَن تَنفَدَ كَلِمَاتُ رَبِّي وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهِ مَدَدًا ﴿١٠٩﴾

Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)”.” (QS. Al-Kahf [18]: 109)

Dari kalimat di atas kita mengetahui bahwa perkataan Allah tidak ada batasnya. Maka juga perbuatan Allah tidak ada batasnya. Seandainya lautan yang ada dipermukaan bumi ini menjadi tinta dan ranting-ranting pepohonan yang ada di muka bumi ini menjadi penanya untuk menulis perkataan-perkataan Allah, maka lautan akan kering dan ranting-ranting akan habis.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian Tentang Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk – Kitab Al-Ibanah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download pengajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Lihat juga rekaman lainnya: 

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Baca Juga:
Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1118-1122 - TPP: Dua Bangkai dan Darah yang Halal, Dua Dosa yang Disegerakan Sanksinya, hingga Kewajiban Menjaga Lisan (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

÷ 5 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.