Telegram Rodja Official

Al-Ibanah

Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk – Kitab Al-Ibanah

By  | 

Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk adalah rekaman kajian ilmiah yang membahas masalah aqidah ahlussunnah wal jamaah. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dari kitab الإبانة عن أصول الديانة Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah atau ada juga yang menyebutnya dengan al-Ibanah fi Ushul ad-Diyanah, karya seorang ulama besar yang bernama Syaikh Imam Abul Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari rahimahullah atau terkenal dengan sebutan Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah.

Download juga pengajian sebelumnya: “Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk – Kitab Al-Ibanah

Kajian Tentang Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk – Kitab Al-Ibanah

Pembahasan sebelumnya telah dijelasnkan bahwa Allah memiliki sifat Al-Kalam. Yaitu berbicara. Secara hukum asalnya, sifat ini adalah sifat yang selalu menyertai dzat Allah subhanahu wa ta’ala.

Diantara dalil yang disebutkan oleh Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah adalah:

إِنَّمَا قَوْلُنَا لِشَيْءٍ إِذَا أَرَدْنَاهُ أَن نَّقُولَ لَهُ كُن فَيَكُونُ ﴿٤٠﴾

Sesungguhnya perkataan Kami terhadap sesuatu apabila Kami menghendakinya, Kami hanya mengatakan kepadanya: “kun (jadilah)”, maka jadilah ia.” (QS. An-Nahl [16]: 40)

Baca Juga:
Ramadhan Momen untuk Meningkatkan Iman dan Takwa (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

Diatara ayat yang menjelaskan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala memiliki sifat Al-Kalam dan kalam Allah itu bukanlah makhluk. Yaitu firman Allah dalam surat Al-Kahfi dalam ayat ke-109:

قُل لَّوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِّكَلِمَاتِ رَبِّي لَنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ أَن تَنفَدَ كَلِمَاتُ رَبِّي وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهِ مَدَدًا ﴿١٠٩﴾

Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)”.” (QS. Al-Kahf [18]: 109)

Dari kalimat di atas kita mengetahui bahwa perkataan Allah tidak ada batasnya. Maka juga perbuatan Allah tidak ada batasnya. Seandainya lautan yang ada dipermukaan bumi ini menjadi tinta dan ranting-ranting pepohonan yang ada di muka bumi ini menjadi penanya untuk menulis perkataan-perkataan Allah, maka lautan akan kering dan ranting-ranting akan habis.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian Tentang Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk – Kitab Al-Ibanah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download pengajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Baca Juga:
Prasangka Buruk kepada Allah merupakan Penyebab Kesyirikan - Kitab Tajridut Tauhid Al-Mufid (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Lihat Juga: Radio Streaming, Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Belajar Bahasa Arab,

Telegram Rodja Official

2 Comments

  1. Ibnu Sutamar

    Minggu, 16 Rabiul akhir 1440 / 23 Desember 2018 at 08:50

    Assalaamualaikum ana (Reddo) Izin share dan sedikit meringkas tulisan di atas, barakallahu fiikum wa Jazakallahu khairan

    • Admin Radio Rodja

      Selasa, 18 Rabiul akhir 1440 / 25 Desember 2018 at 15:56

      وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
      Silahkan, harap tetap menyertakan sumbernya untuk menjaga amanat ilmiah.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.