Telegram Rodja Official

Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk Bagian 2 – Kitab Al-Ibanah

By  |  pukul 9:13 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 19 Ramadhan 1439 / 04 Juni 2018 pukul 8:35 pm

Tautan: https://rodja.id/1w5

Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk Bagian 2 adalah rekaman kajian ilmiah yang membahas masalah aqidah ahlussunnah wal jamaah. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dari kitab الإبانة عن أصول الديانة Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah atau ada juga yang menyebutnya dengan al-Ibanah fi Ushul ad-Diyanah, karya seorang ulama besar yang bernama Syaikh Imam Abul Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari rahimahullah atau terkenal dengan sebutan Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah.

Download juga pengajian sebelumnya: “Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk – Kitab Al-Ibanah

Kajian Tentang Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk Bagian 2 – Kitab Al-Ibanah

Al-Qur’an adalah Kalamullah dan bukan makhluk. Allah yang langsung berbicara dan Jibril mendengar perkataan Allah kemudian membawanya turun menyampaikan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam mendengar perkataan Allah dari Jibril kemudian menyampaikan kepada umatanya.

Baca Juga:  Tafsir Surat Adh-Dhuha - Ayat 3 - Tafsir Al-Quran (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

Konsekuensi perkataan sekete Jahmiyah yang mengatakan bahwa Kalamullah merupakan makhluk adalah bahwa Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa seperti patung. Karena patung makhluk dan tidak berbicara. Sementara Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa berbicara dan apabila Allah menghendaki sesuatu Dia akan berbicara.

Diantara dalil yang disebutkan oleh beliau adalah firman Allah:

قَالُوا أَأَنتَ فَعَلْتَ هَـٰذَا بِآلِهَتِنَا يَا إِبْرَاهِيمُ ﴿٦٢﴾ قَالَ بَلْ فَعَلَهُ كَبِيرُهُمْ هَـٰذَا فَاسْأَلُوهُمْ إِن كَانُوا يَنطِقُونَ ﴿٦٣﴾

Mereka bertanya: “Apakah kamu, yang melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami, hai Ibrahim?” Ibrahim menjawab: “Sebenarnya patung yang besar itulah yang melakukannya, maka tanyakanlah kepada berhala itu, jika mereka dapat berbicara”.”

Baca Juga:  Menanamkan Cinta Al-Quran kepada Anak (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

Oleh karena itu Nabi Ibrahim menjelaskan kepada kaumnya yang menyembah patung berhala tersebut tidak berhak untuk diibadahi. Berhala bukan sebagai tuhan karena dia tidak bisa berbicara.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk Bagian 2 – Kitab Al-Ibanah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download pengajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Baca Juga:  Faedah dan Keutamaan Akhlak Mulia - Bagian 1 - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.