Telegram Rodja Official

Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk Bagian 4 – Kitab Al-Ibanah

By  |  pukul 2:47 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 19 Ramadhan 1439 / 04 Juni 2018 pukul 8:36 pm

Tautan: https://rodja.id/1w7

Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk Bagian 4 adalah rekaman kajian ilmiah yang membahas masalah aqidah ahlussunnah wal jamaah. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dari kitab الإبانة عن أصول الديانة Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah atau ada juga yang menyebutnya dengan al-Ibanah fi Ushul ad-Diyanah, karya seorang ulama besar yang bernama Syaikh Imam Abul Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari rahimahullah atau terkenal dengan sebutan Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah.

Download juga pengajian sebelumnya: “Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk Bagian 3 – Kitab Al-Ibanah

Kajian Tentang Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk Bagian 4 – Kitab Al-Ibanah

Kaum Mu’tazilah mengatakan Al-Qur’an sebagai makhluk. Sementara aqidah ahlussunnah yang berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah menjelaskan bahwa Al-Qur’an adalah Kalamullah. Maka Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah membantah satu per satu argumentasi orang-orang Mu’tazilah. Menjelaskan kebenaran dengan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah sehingga jelaslah kebenaran dan tampaklah kebatilan.

Baca Juga:  Bab Larangan Menarik Kembali Hibahnya / Pemberiannya hingga Bab Haramnya Riya - Bagian ke-1 - Bab 285-288 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Kendati orang-orang Mu’tazilah berusaha menyematkan sebagian dari bid’ah-bid’ah mereka dan kesesatan-kesesatan mereka kepada sebagian para ulama. Mereka ingin mencari legalitas untuk membenarkan pendapat mereka yang keliaru tersebut. Maka didapatkan pada sebagian riwayat bahwa mereka menisbatkan perkataan itu kepada Imam Abu Hanifah. Sehingga diriwayatkan bahwa Imam Abu Hanifah adalah makhluk. Ini dijelaskan oleh para ulama bahwa ini tidak benar.

Imam Abu Hanifah merupakan salah satu dari ulama ahlussunnah yang mengajak kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Beliau berlepas diri dari pendapat yang demikian. Kalaupun benar, maka para ulama menyebutkan seperti yang dijelaskan oleh murid beliau yaitu Abu Yusuf. Bahwa Abu Yusuf berdiskusi dengan Imam Abu Hanifah tentang hal ini kemudian Imam Abu Hanifah meninggalkan pernyataan itu. Begitu didapatkan sebagai riwayat. Akan tetapi kesimpulannya bahwa Imam Abu Hanifah berlepas diri dari pendapat orang-orang Mu’tazilah yang mengatakan Al-Qur’an sebagai makhluk. Beliau Imam ahlussunnah.

Baca Juga:  Al-Qur'an, Kitab Suci yang Dijauhi (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Kemudian Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah menyebutkan sebagian riwayat yang menjelaskan hakikat aqidah ahlussunnah tentang Al-Qur’an yang menunjukkan bahwa Al-Qur’an adalah Kalamullah.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Dalil Bahwa Al-Qur’an Kalamullah Dan Bukan Makhluk Bagian 4 – Kitab Al-Ibanah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download pengajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Baca Juga:  Sebab-Sebab Seseorang Berpaling dari Kebenaran

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.