Anjuran Anak-Anak Berada di Dalam Rumah ketika Maghrib – Hadits 1518-1521 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

By  |  pukul 10:54 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 25 Jumadil akhir 1439 / 13 Maret 2018 pukul 1:05 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=30359

Anjuran Anak-Anak Berada di Dalam Rumah ketika Maghrib – Hadits 1518-1521 merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah. Kajian hadits ini disampaikan pada 28 Rabbi’ul Awwal 1439 H / 17 Desember 2017 M.

Download juga kajian sebelumnya: Anjuran Mewarnai Uban – Hadits 1509-1517 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Ahad malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' waktu Jakarta (18:00-19:30 WIB)



Status program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Baca Juga:  Keutamaan Bacaan Dzikir Sehari-Hari

Kajian Islam Tentang Anjuran Anak-Anak Berada di Dalam Rumah ketika Maghrib – Hadits 1518-1521 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits 1518

أقلُّوالخروجَ بعد هدأةِ ارِّجل، فإن لله دَوابَّ يبشهنَّ في الأرض في تلك السعة

Persedikitlah untuk keluar setelah berhentinya langkah kali, karena Allah memiliki binatang melata yang Allah sebarkan dimuka bumi diwaktu-waktu tersebut.

Faidah dari hadits ini adalah perintah untuk tidak banyak keluar diwaktu malam. Nabi mengatakan “Persedikitlah untuk keluar setelah berhentinya langkah kaki“. Dalam satu riwayat yang lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ –أَوْ أَمْسـيتُمْ– فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ، فَإنَّ الشيطَانَ يَنْتَشـر حِينَئِذٍ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنَ اللَّيْلِ فَخَلُّوهُمْ، وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ، وَاذْكُرُوا اسْمَ اللّهِ، فَإنَّ الشيطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَاباً مُغْلَقاً

Baca Juga:  Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Hadits 1445-1449 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Jika masuk awal malam –atau beliau mengatakan: jika kalian memasuki waktu sore- maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup” (HR. Al-Bukhari & Muslim).

Faidah selanjutnya adalah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan agar menghindari waktu-waktu dan tempat-tempat yang disana banyak setan. Karena yang namanya setan sifatnya ingin menguasai manusia.

Faidah yang ketiga adalah bahwa masuknya setan kerumah kita sangat tidak menguntungkan. Oleh karena itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk membaca surat Al-Baqarah di rumah kita. Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa setan lari dari rumah yang dibacakan kepadanya surat Al-Baqarah.

Baca Juga:  Sifat Lemah Lembut

Simak penjelasan lengkap dan download mp3 ceramah agama tentang Anjuran Anak-Anak Berada di Dalam Rumah ketika Maghrib – Hadits 1518-1521 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.