Telegram Rodja Official

Muhasabah dan Taubat – Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 1:18 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 05 Rajab 1439 / 22 Maret 2018 pukul 4:12 pm

Tautan: http://rodja.id/1ql

Muhasabah dan Taubat adalah ceramah agama Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya. Kajian ini disampaikan pada 02 Rajab 1439 H / 19 Maret 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Adab dan Do’a Sebelum Tidur – Panduan Amal Sehari Semalam

Ceramah agama tentang Muhasabah dan Taubat – Panduan Amal Sehari Semalam

Allah subahanahu wa ta’ala perintahkan kita untuk selalu bertaubat kepada-Nya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّـهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا…

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya)…” (QS. At-Tahrim[66]: 8)

Baca Juga:  Amal Tergantung Niatnya - Kaidah Fikih

Taubat itu diperintahkan setiap saat dan bukan hanya ketika kita melakukan dosa. Oleh karena itu sebelum kita tidur pada malam hari, hendaklah kita melakukan muhasabah dan taubat.

Muhasabah itu adalah merenungi kembali hari yang sudah kita lewati. Merenungi apa yang telah dilakukan pada hari itu, baik hal itu berupa kebaikan dan keburukan. Jika kebaikan bagaimana kita dapat meningkatkannya lagi. Jika yang dilakukan adalah sebuah keburukan, bagaimana kita dapat meninggalkannya di kemudian hari. Termasuk dalam muhasabah adalah mengecek kembali ibadah-ibadah yang telah dikerjakan. Kita tidak boleh berpuas diri atas ibadah-ibadah yang telah dikerjakan.

Para sahabat terdahulu senantiasa khawatir terhadap amal-amal shalih mereka. Mereka senantiasa mencemaskan amal-amal shalih mereka. Mereka khawatir amal-amal mereka tidak berkenan diterima disisi Allah subhanahu wa ta’ala. Atau amal ibadah itu merupakan amal ibadah yang sia-sia tanpa pahala.

Baca Juga:  Hukum Lesbian atau Hubungan Sesama Jenis Perempuan

Kita sebagai manusia, pasti sering khilaf dan lupa. Dan ini merupakan sifat kita sebagai manusia. Demikian grafik iman kita. Pasti naik turun. Tidak akan mungkin iman tidak turun. Maka kita melakukan muhasabah atas iman kita. Bagaimana penurunan iman kita hari ini. Apakah penurunan itu jauh ke dasar? Kalaulah iman kita turun, maka kita berusaha agar turunnya itu tidak sampai ke dasar iman.

Simak penjelasan lengkapnya dan download MP3 ceramah agama tentang Muhasabah dan Taubat – Panduan Amal Sehari Semalam

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:  Cara Bergaul Dengan Istri, Kerabat, Teman dan Masyarakat - Al Wasaail Mufiidah Lil Hayaatis Sa'iidah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

 

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.