Telegram Rodja Official

Prinsip Dasar Islam

Setiap Bid’ah Adalah Kesesatan – Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.)

By  | 

Setiap Bid’ah Adalah Kesesatan merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc. dalam pembahasan Kitab Prinsip Dasar Islam karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzahullahu ta’ala. Kajian ini disampaikan pada 04 Jumadil akhir 1439 H / 20 Februari 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Contoh Kesempurnaan Islam – Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.)

Ceramah Agama Islam Tentang Setiap Bid’ah Adalah Kesesatan – Prinsip Dasar Islam

 

Allah telah menjelaskan segala sesuatu dan tidak perlu lagi menambah-nambahi urusan agama apalagi sampai menguranginya.

Pada kajian sebelumnya, telah dibahas tiga kesepakatan yang mustahil kita tidak sepakat. Bahkan jika kita tidak menyepakati hal ini maka kita akan kafir. Kesepakatan itu adalah:

  1. Islam agama yang sempurna.
  2. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menyampaikan seluruh agama ini.
  3. Kaum muslimin wajib mengikuti Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan dalam Al-Qur’an ada 33 ayat yang memerintahkan untuk mentaati Allah dan RasulNya.

Namun, sudah tidak lagi bisa dibendung. Kabar dari lisan ash-Shadiqul Mashduq (orang yang benar lagi dibenarkan perkataannya). Bahwa ditengah umat ini akan banyak kaum-kaum yang keluar dari tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sedikit kita akan mebahas pernyataan sebagian orang yang hal ini merupakan perusak utama agama ini. Pernyataan itu adalah bahwa “tidak semua bid’ah itu sesat”. Mereka mengatakan ada bid’ah yang diperbolehkan. Bahkan yang lebih parah lagi adalah ada bid’ah yang wajib.

Baca Juga:
Bab Kekhawatiran Seorang Mukmin bila Amalnya Terhapus tanpa Sadar - Hadits 48-49 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Dalam shahih muslim, setiap kali Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hendak memberikan nasihat, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa mengingatkan sahabat dengan ucapan:

أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ

Amma ba’du. Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan” (HR. Muslim no. 867)

Imam Ibnu Rajab ketika membacakan hadits di atas, beliau berkata, “bahwa ini merupakan perkataan yang ringkas tapi padat. Tidak keluar dari perkataan ini segala sesuatu urusan agama (aqidah, ibadah atau muamalah) dan hadits ini merupakan pokok besar dalam urusan agama“.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Ceramah Agama tentang Setiap Bid’ah Adalah Kesesatan – Prinsip Dasar Islam

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Baca Juga:
Ahlus Sunnah Mengajak Manusia kepada Akhlak yang Mulia - Bagian ke-2 - Poin 79 - Syarah 'Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah (Ustadz Yazid 'Abdul Qadir Jawas)

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Download: Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Khutbah Idul Adha, kultum, ceramah singkat, shalawat, shalat jenazahrukun Islamrukun Iman, ziarah kubur, shalat berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.