Fana’ Yang Dilakukan Oleh Para Nabi dan Rasul – Kitab Al-‘Ubudiyah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

By  |  pukul 1:54 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 24 Rajab 1439 / 10 April 2018 pukul 2:31 pm

Tautan: http://rodja.id/1ry

Fana’ Yang Dilakukan Oleh Para Nabi dan Rasul merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah Taslim, Lc. MA. dalam pembahasan “العبودية (Al-Ubudiyah)” karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan ibadah dan penghambaan diri. Kajian ini disampaikan pada 20 Jumadil akhir 1439 H / 08 Maret 2018 M.

Download juga Kitab Al-Ubudiyah – Format PDF di sini

Kajian Fana’ Yang Dilakukan Oleh Para Nabi dan Rasul – Kitab Al-‘Ubudiyah

Seperti yang telah kita bahas, bahwa jika benar seorang hamba benar-benar mengikuti kebenaran, maka yang akan muncul dalam sikap-sikapnya tentu sesuatu yang benar. Yang akan muncul dalam ucpaannya tentu ucapan yang sesuai dengan syariat. Jadi tidak akan mungkin jika sesuatu benar diyakini dan diamalkan kemudian timbul konsekuensi perbuatan yang buruk seperti yang telah kita katakan. Orang yang sedang khusyu’ dalam ibadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala kemudian akan tampak padanya seperti orang gila. Tentu ini tidak mungkin. Sesuatu yang dilakukan dengan benar, dilakukan secara benar dan dengan konsekuensi yang benar pula akan menimbulkan penampilan yang benar dan menjadikan dia semakin mulia dimata orang yang menyaksikannya.

Baca Juga:  Kedudukan Wanita dalam Islam - Bagian ke-2 - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Lalu bagaimana jenis fana’ yang dilakukan oleh para Nabi dan Rasul? 

Seseorang yang melakukan hal ini adalah termasuk orang yang dipuji oleh Allah subhanahu wa ta’ala sebagai wali-wali-Nya yang bertaqwa, sebagai golongan-Nya yang beruntung dan sebagai tentara-Nya yang selalu mendapatkan kemenangan. Apa yang dipraktekkan oleh ulama’ salaf adalah sebaik-baik teladan untuk kita semua. Apa yang mereka nampakkan dalam ibadah, apa yang kemudian muncul dari sikap-sikap mereka ketika beribadah, pernyataan-pernyataan mereka yang jelas menguatkan keimanan, ini yang seharusnya kita ambil dan kita jadikan sebagai patokan untuk memperbaiki keadaan kita dalam urusan agama kita.

Semua ulama’ yang dijadikan sebagai panutan dalam agama bersepakat diatas kesepakatan para ulama salaf dan para Imam Ahlussunnah. Oleh karena itu mereka menjadi ulama’ yang diikuti. Mereka lepas dari fitnah subhat dan syahwat, tidak ada kerancuan dalam beragama, tidak ada kerusakan dalam beribadah. Hal ini sebagaimana pujian Allah dalam Al-Qur’an yang mengatakan bahwa mereka adalah para pemimpin dalam urusan agama karena dijadikan perbuatan mereka sebagai panutan.

Baca Juga:  Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوا ۖ وَكَانُوا بِآيَاتِنَا يُوقِنُونَ ﴿٢٤﴾

Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami.” (QS. As-Sajdah[32]: 24)

Lihatlah, mereka dipuji karena lurusnya pemahaman mereka. Oleh karena itu semua ulama’ yang dijadikan sebagai panutan dalam ilmu dan pengamalan mereka, mereka tidak mungkin akan lepas menyelisihi ulama’ salaf dan para Imam Ahlussunnah bahwa Allah subhanahu wa ta’ala terpisah dan tidak akan mungkin bersatu dengan makhluk-Nya. Dialah yang Maha Sempurna sedangkan makhluk-Nya penuh dengan kekurangan.

Simak dan Download MP3 Kajian Tentang Fana’ Yang Dilakukan Oleh Para Nabi dan Rasul – Kitab Al-‘Ubudiyah

Baca Juga:  Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Hadits 1306-1313 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.