Bab Mengusap Kedua Khuf Saat Safar – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 4:32 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 25 Rajab 1439 / 11 April 2018 pukul 4:32 pm

Tautan: http://rodja.id/1s2

Mengusap Kedua Khuf Saat Safar merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Shahih Bukhari. Kajian ini disampaikan pada 25 Rajab 1439 H / 11 April 2018 M.

Untuk download Kitab Shahih Bukhari dalam format PDF, silahkan klik download.

Download juga kajian sebelumnya: Bab Berwudhu dengan Satu Mud – Kitab Shahih Bukhari 

Kajian Bab Mengusap Kedua Khuf Saat Safar – Kitab Shahih Bukhari

Hadits 202:

حَدَّثَنَا أَصْبَغُ بْنُ الفَرَجِ المِصْرِيُّ، عَنِ ابْنِ وَهْبٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي عَمْرُو بْنُ الحَارِثِ، حَدَّثَنِي أَبُو النَّضْرِ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ عَنْ «النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ مَسَحَ عَلَى الخُفَّيْنِ» وَأَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ سَأَلَ عُمَرَ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ: نَعَمْ، إِذَا حَدَّثَكَ شَيْئًا سَعْدٌ، عَنِ النَّبِيّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلاَ تَسْأَلْ عَنْهُ غَيْرَهُ. وَقَالَ مُوسَى بْنُ عُقْبَةَ: أَخْبَرَنِي أَبُو النَّضْرِ، أَنَّ أَبَا سَلَمَةَ، أَخْبَرَهُ أَنَّ سَعْدًا حَدَّثَهُ، فَقَالَ عُمَرُ لِعَبْدِ اللَّهِ: نَحْوَهُ

Baca Juga:  Bab Perlukah Menetapkan Hari Tertentu untuk Megajarkan Ilmu kepada Wanita - Hadits 101-103 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

“…dari Abdullah bin Umar, dari Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi w sallam mengusap dua khuf…”

Faidah hadits di atas:

Hadits ini merupakan dalil bahwa apabila sifat-sifat yang mengharuskan untuk diterima, apabila berkumpul pada seorang perawi, maka itu indikasi-indikasi yang menguatkan khabar. Ini bisa mengalahkan beberapa periwayatan orang-orang yang sifatnya tidak seperti itu.

Hadits ini juga menunjukkan bahwa Umar bin Khattab menerima berita satu perawi. Buktinya disini Umar mengatakan kepada Abdullah bin Umar apabila Sa’ad menceritakan kepadamu hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, terima dan tidak perlu ditanyakan kepada orang lain.

Faidah selanjutnya, bahwa ini menunjukkan Umar bin Khattab sangat menghormati Saad bin Abi Waqqash. Ini juga menunjukkan bahwa seorang sahabat yang lama persahabatannya dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terkadang tersembunyi kepadanya perkara-perkara yang jelas dalam agama. Contohnya Abdullah bin Umar. Dia telah lama bersahabat dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ternyata tersembuyi dari beliau tentang masalah mengusap khuf. Sehingga ketika melihat Saad bin Abi Waqqash, Abdullah bin Umar segera mengingkarinya. Maka tidak syarat bahwa seorang alim harus menguasai seluruh ilmu. Pasti setiap ulama, ada perkara-perkara yang ia tidak ketahui. Hal ini tidak menjatuhkan sama sekali kredibilitasnya sebagai seorang ulama.

Baca Juga:  Perkara-Perkara yang Bisa Menumbuhkan Iman - Bagian ke-10 - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Ceramah Agama Mengusap Kedua Khuf Saat Safar – Kitab Shahih Bukhari

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama tentang Bab Menuangkan Bekas Air Wudhu Kepada Orang Yang Pingsan – Kitab Shahih Bukhari ini melalui jejaring sosial Facebook, TwitterGoogle+ dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Baca Juga:  Faidah dan Buah Manis dari Iman - Bagian ke-4 - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.