Khiyar Karena Ada Perbedaan Waktu Atau Persyaratannya – Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 11:30 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 26 Rajab 1439 / 12 April 2018 pukul 2:46 pm

Tautan: http://rodja.id/1s6

Khiyar Karena Ada Perbedaan Waktu Atau Persyaratannya adalah kajian yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. yang merupakan rekaman kajian kitab زاد المستقنع في اختصار المقنع atau populer dengan sebutan Kitab Zadul Mustaqni. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Hanbali, karya Syaikh Syarifuddin Abu Naja Musa bin Ahmad Al-Hajawi rahimahullah dan merupakan ringkasan dari Kitab Al-Muqni karya Ibnu Qudamah rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 29 Jumadil awal 1439 H/ 22 Februari 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Khiyar Karena Ada Perbedaan Antara Dua Orang Yang Bertransaksi – Kitab Zadul Mustaqni

Download juga Kitab Zadul Mustaqni – Format PDF di sini

Kajian Tentang Khiyar Karena Ada Perbedaan Waktu Atau Persyaratannya – Kitab Zadul Mustaqni

Bila keduanya, penjual dan pembeli berbeda tentang waktu atau persyaratannya, maka yang diterima adalah perkataan yang menafikannya.

Baca Juga:  Bab Orang yang Tidak Berwudhu Kecuali dari Al Ghosyu dan Al Mutsqil - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Contoh, ketika pembeli mengatakan, “saya membeli ini dengan akad pembayaran seminggu lagi saya bayar”. Sedangkan penjual mengatakan, “saya jual kepadamu tunai”. Maka perkataan yang diterima adalah yang menafikan. Pada contoh ini yang diterima adalah perkataan penjual karena perkataannya menafikan.

Contoh lain adalah ketika ada persyaratan tambahan dalam jual beli. Seperti ketika seseorang menjual rumahnya kepada orang lain dengan harga 100jt. Tapi kemudian si penjual mengatakan, “Aku jual 100jt tapi aku syaratkan aku bisa menempatinya selama 6 bulan semenjak aku jual”. Sedangkan pembeli mengatakan, “Tidak. Aku membeli 100jt langsung saya tempati”. Maka dalam hal ini yang diterima adalah perkataan pembeli.

Bila mereka berbeda tentang barang yang dijual. Maka keduanya bersumpah dan jual beli batal. Misalnya ketika penjual mengatakan, “aku jual kepadamu mobil yang ini”. Kata si pembeli, “bukan yang ini, tapi yang ini”.

Baca Juga:  Bab Ijarah / Sewa - Bagian ke-3 - Kitab Matan Abu Syuja' (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

Simak penjelasan lengkap dan download MP3 kajian tentang Khiyar Karena Ada Perbedaan Waktu Atau Persyaratannya – Kitab Zadul Mustaqni

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Baca Juga:  Cinta Yang Benar Kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam
Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.