Takut Kepada Allah – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 10:17 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 03 Sya'ban 1439 / 19 April 2018 pukul 10:49 am

Tautan: http://rodja.id/1sq

Takut Kepada Allah merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary. dalam pembahasan Kitab Aktualisasi Akhlak Muslim yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Kajian ini disampaikan pada 12 Jumadil awal 1439 H / 29 Januari 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Muroqobah – Bagian 2 – Aktualisasi Akhlak Muslim

Kajian Tentang Takut Kepada Allah – Aktualisasi Akhlak Muslim

 

Seorang mukmin adalah orang yang memenuhi hatinya dengan rasa takut kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Takwa dalam satu maknanya juga bisa diartikan dengan takut. Yaitu takut kepada Allah, takut meninggalkan perintah-perintah Allah dan takut mengerjakan larangan-larangannya.

Takut kepada Allah bukan berarti bahwa seorang mukmin adalah seorang yang penakut. Takut kepada Allah justru melahirkan sifat berani pada diri seorang hamba karena dia tidak takut kecuali kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Seorang yang hanya takut kepada Allah, dia akan berani menyuarakan kebenaran dan melaksanakan perintah-perintah Allah. Walaupun resikonya berat ketika menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan Allah. Rasa takutnya kepada Allah menimbulkan rasa berani didalam memikul segala perintah, tanggung jawab, beban, tugas yang Allah embankan kepadanya.

Baca Juga:  Pengaruh Penciptaan dan Perintah Allah terhadap Hati - Kitab Mausu'ah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Diantara akhlak mulia yang menghiasi seorang mukmin adalah rasa takutnya kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Kekuatan rasa takut ini akan memutus gejolak nafsu syahwat. Sehingga orang yang memiliki rasa takut kepada Allah ini akan terhindar dari perbuatan maksiat. Setiap tidakannya akan menjadi beradab. Hatinya akan semakin tunduk kepada Rabb semesta alam. Seiring dengan itu, rasa congkak, sombong, iri, permusuhan dan akhlak-akhlak tercela lainnya akan hilang dan berganti dengan ketawadhuan dan ketundukan kepada Allah. Semua itu bermula dari hati yang dipenuhi dengan rasa takut kepada Allah.

Perasaan takut kepada Allah yang menghujam kedalam hati ini akan mewarnai setiap prilaku anggota badannya. Orang yang hatinya selalu takut kepada Allah, niscaya lidahnya akan menghindari dusta dan ghibah, fitnah serta perkataan yang sia-sia. Dia akan menyibukkan lisannya dengan berdzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala, dengan membaca Al-Qur’an dan dengan menuntut ilmu.

Baca Juga:  Bab Bagaimana Ilmu itu Dicabut - Hadits 100 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian Tentang Takut Kepada Allah – Aktualisasi Akhlak Muslim


[do_widget id=blog_subscription-2]

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Baca Juga:  Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits ke-692 hingga ke-697 (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00