Telegram Rodja Official

Tematik

Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 4:49 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 23 April 2018 pukul 4:49 pm

Tautan: http://rodja.id/1t0

Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. yang disampaikan secara langsung dari Masjid Nurul Falah, Jl. Hangtuah, Natuna. Disampaikan pada Jumat Malam , 5 Sya’ban 1439 / 20 April 2018.

Ceramah Agama Islam Tentang Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus

Pada kajian kali ini, dibahas sebuah ayat yang setiap hari kita baca lebih dari 17 kali. Yaitu ayat:

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ ﴿٦﴾

Tunjukilah kami jalan yang lurus“(QS. Al-Fatihah[1]:6)

Kenapa kita selalu memohon agar ditunjukkan kepada jalan yang lurus? Meskipun kita telah mendapatkan hidayah, tetap saja kita membaca ayat ini. Apalagi jika kita belum mendapatkan hidayah. Kata Imam Ibnu Qoyyim rahimahullah, “karena hidayah Allah banyak”.

Ilmu yang Allah subhanahu wa ta’ala turunkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangatlah banyak. Terkadang ada orang yang mendapatkan hidayah dari sisi ibadahnya, tapi dia belum mendapatkan hidayah dari sisi aqidahnya. Ada orang yang mendapatkan hidayah aqidahnya bagus, ibadahnya bagus, tapi akhlaknya belum mendapatkan hidayah. Ada juga orang yang akhlaknya bagus, tapi ternyata belum mendapatkan hidayah dalam muamalahnya. Inilah jawaban kenapa kita harus terus meminta hidayah kepada Allah. Kita sangat membutuhkan hidayah.

Baca Juga:
Hukum Do'a Dalam Tasyahud - Kitab Bulughul Maram (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.)

Para ulama mengatakan bahwa hidayah ada dua macam. Pertama adalah hidayah berupa ilmu. Hidayah ini yang dimaksud oleh firman Allah subhanahu wa ta’ala:

…وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَىٰ صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ ﴿٥٢﴾

“...Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS. Asy-Syura'[42]:52)

Hidayah yang kedua, disebut dengan hidayat taufiq. Yaitu hidayah yang merupakan kekuatan untuk mengamalkan ilmu. Ada orang yang dia mengetahui bahwa suatu perbuatan tidak diperbolehkan, tapi justru dia langgar. Tahu bahwa sesuatu yang dihadapannya adalah kebenaran, tapi malah ditinggalkan. Ada lagi orang yang rajin beramal, tapi tanpa ilmu. Maka inipun juga tercela.

Oleh karena itu, kita meminta kepada Allah dua macam hidayah ini. Hidayah ilmu dan hidayah amal. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ ﴿٣٣﴾

Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al-Quran) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai.” (QS. At-Taubah[9]:33)

Dari ayat di atas dapat diambil pelajaran bahwa umat Islam akan jaya jika dia berilmu dan beramal.

Hidayah berupa ilmu adalah perkara yang merupakan asas bangunan. Tanpa ilmu, amal tidak akan diterima oleh Allah subhanhu wa ta’ala. Oleh karena itu Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Al-Mandzumah Al-Mimiyyah: Ilmu adalah Warisan Para Nabi – 3 September 2013 (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَـٰهَ إِلَّا اللَّـهُ …

Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Allah ...” (QS. Muhammad[47]: 19)

Imam Bukhari mengatakan dalam tafsirnya, “disini Allah memulai ilmu terlebih dahulu sebelum berkata dan beramal“. Maka segala sesuatunya harus berilmu. Dalam masalah dunia saja jika kita tidak mempunyai ilmunya maka akan susah.

Lalu bagaimana kita mendapatkan hidayah?

Kalau kita ingin mendapatkan hidayah, kita harus mempersiapkan tempat hidayah yang tepat. Dan bejananya hidayah adalah hati. Hendaknya kita membersihkan jiwa kita. Ketika jiwa kita sudah bersih, maka cahaya hidayah itu akan mudah masuk kedalam hati kita.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus


Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Lihat juga rekaman lainnya: 

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Baca Juga:
Berpegang Teguh Kepada Allah dan Kepada Tali Allah

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× 4 = 40

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.