Telegram Rodja Official

Al-Adabul Mufrad

Kaffarah Orang Sakit – Bab 226 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

By  |  pukul 1:32 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 06 September 2018 pukul 1:42 pm

Tautan: http://rodja.id/1t7

Kaffarah Orang Sakit – Bab 226 merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. dalam pembahasan Kajian kitab Adabul Mufrad karya Imam Bukhari rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 07 Sya’ban 1439 H / 23 April 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Mengembangkan Kekayaan – Bab 222 – Hadits 478-480 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad

[sc:status-adabul-mufrad-ustadz-syafiq-riza-basalamah-2014]

Kajian Tentang Permohonan Rizki Seorang Hamba Kepada Allah – Bab 224 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad

Semua berharap ingin sehat selalu, semua berharap bangun dipagi hari bisa beraktifitas. Namun terkadang sebagian orang bangun dipagi hari dalam kondisi sakit. Dan hampir tidak ada manusia melainkan dia pernah merasakan sakit. Ada yang sakit tapi dia tidak menderita. Sakit biasanya difisik, tapi menderita biasanya dijiwa. Maka ketika fisik kita sakit, jangan menderita. Kita akan lihat bagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita bagaimana menyikapi penyakit yang datang kepada kita.

Hadits 491

Ishaq bin al-‘Ala’ menceritakan kepada kami, ia berkata, ‘Amr bin al-Harits menceritakan kepada kami, ia berkata, ‘Abdullah bin Salim menceritakan kepada kami dari Muhammad az-Zubaidi, ia berkata:

Baca Juga:
Faidah dan Buah Manis dari Iman - Bagian ke-8 - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

 حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ عَامِرٍ، أَنَّ غُطَيْفَ بْنَ الْحَارِثِ أَخْبَرَهُ، أَنَّ رَجُلًا أَتَى أَبَا عُبَيْدَةَ بْنَ الْجَرَّاحِ، وَهُوَ وَجِعٌ، فَقَالَ: كَيْفَ أَمْسَى أَجْرُ الْأَمِيرِ؟ فَقَالَ: هَلْ تَدْرُونَ فِيمَا تُؤْجَرُونَ بِهِ؟ فَقَالَ: بِمَا يُصِيبُنَا فِيمَا نَكْرَهُ، فَقَالَ: إِنَّمَا تُؤْجَرُونَ بِمَا أَنْفَقْتُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، وَاسْتُنْفِقَ لَكُمْ، ثُمَّ عَدَّ أَدَاةَ الرَّحْلِ كُلَّهَا حَتَّى بَلَغَ عِذَارَ الْبِرْذَوْنِ، وَلَكِنَّ هَذَا الْوَصَبَ الَّذِي يُصِيبُكُمْ فِي أَجْسَادِكُمْ يُكَفِّرُ اللَّهُ بِهِ مِنْ خَطَايَاكُمْ

Sulaiman bin ‘Amir menceritakan kepada kami bahwa Ghuthaif bin al-Harits mengabarkan, seseorang menemui ‘Utbah bin al-Jarrah ketika ia sakit. Ia berkata, “Bagaimana pahala pemimpin negara?” Ia berkata, “Apakah kalian tidak tahu atas perbuatan apa kalian diberi pahala?” Ia lalu berkata, “Atas sesuatu yang tidak kita sukai yang menimpa kita.” Lalu ia berkata, “Kalian diberi pahala atas apa yang kalian infakkan dijalan Allah, yang dibelanjakan untuk diri kalian di jalan Allah, kemudian ia menghitung perangkat pelana, tak terkecuali tali kendali pedati. Akan tetapi, dengan derita dan sakit ini yang menimpa tubuh kalian, Allah mengampuni dosa-dosa kalian.

Dengarkan penjelasan lengkapnya dan download MP3 kajian tentang Permohonan Rizki Seorang Hamba Kepada Allah – Bab 224 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad


Jangan lupa untuk membagikan rekaman kajian ini ke saudara-saudara kita atau teman-teman kita baik itu melalui Facebook, Twitter, Google+, atau media yang lainnya agar kebaikan ini tidak berhenti begitu saja. Jazakumullahu khairan
[stumble]

Baca Juga:
Mukadimah - Bagian ke-3 - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.