Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Mempersiapkan Rumah Tangga

By  | 

Mempersiapkan Rumah Tangga adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan Fiqhul Usra (Fiqih Keluarga). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi, Lc. pada hari Sabtu, 28 Rajab 1439 H / 14 April 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: “Pendidikan Mental Anak – Fiqhul Usrah

Kajian Ilmiah Tentang Mempersiapkan Rumah Tangga – Fiqhul Usrah

Sebuah perkara yang akan ditemui oleh semua manusia ketika telah selesai masa baligh mereka. Yaitu ketika kebutuhan mereka untuk memiliki pasangan hidup semakin mendesak, maka otomatis mereka akan mencari sarana untuk mendapatkan pasangan yang terbaik yang mungkin mereka dapatkan.

Untuk itulah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan kepada kita semua untuk menikah. Sebagaimana sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam:

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

Wahai para pemuda, barangsiapa yang memiliki baa-ah, maka menikahlah. Karena itu lebih akan menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Pada hadits ini terdapat anjuran yang sangat tegas dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para pemuda untuk menikah bila memiliki kemampuan untuk menikah.

Pemuda yang sudah dilatih dan dibina dengan pembinaan yang benar sejak usia dini sampai baligh dan menjelang dewasa, maka dia akan memiliki sebuah filter atau kemampuan untuk menjadi hamba-hamba Allah yang dapat mendapatkan pasangan baik dan bisa melahirkan anak-anak yang baik. Oleh karena itu sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui bagaimana kita harus membentuk rumah tangga agar menjadi lebih baik dari sebelumnya dan dapat menggapai kebahagiaan yang kita inginkan.

Rumah tangga merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan seorang muslim. Manusia ingin bagaimana hidupnya bisa terus berkepanjangan dengan menikah dan memiliki anak yang menjadi sebab bagi dia beramal setelah kematian. Sebab amal anaknya merupakan amal untuk orang tuanya. Sehingga namanya akan terus mengalir bersama anak-anak tersebut.

Oleh karena itu, Islam memberikan ini sebagai solusi agar seseorang dapat meredam nafsunya, meredam syahwatnya dan bisa menjaga kemaluannya agar tidak melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam syariat Islam.

Lalu bagaimana mempersiapkan rumah tangga dalam Islam?

Simak dan download mp3  kajian ilmiah tentang Mempersiapkan Rumah Tangga – Fiqhul Usrah

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.

Tinggalkan Balasan

0:00
0:00