Ramadhan Adalah Bulan Bersabar

By  |  pukul 1:50 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 02 Ramadhan 1439 / 18 Mei 2018 pukul 1:50 pm

Tautan: https://rodja.id/1up

Ramadhan Adalah Bulan Bersabar adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Wa Ja a Syahru Ramadhan, sebuah kitab buah karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr. Pembahasan ini juga disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada 20 Sya’ban 1439 H / 07 Mei 2018 M.

Penerjemah: Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Download kajian sebelumnya: Bagaimana Kita Menyambut Bulan Ramadhan?

Kajian Tentang Ramadhan Adalah Bulan Bersabar – Kitab Wa Ja a Syahru Ramadhan

Telah tertera dalam hadits bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa bulan ramadhan adalah bulan bersabar.

صَوْمُ شَهْرِ الصَّبْرِ وَثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ صَوْمُ الدَّهْرِ

Puasa bulan kesabaran dan puasa tiga hari di setiap bulan adalah puasa sepanjang tahun“.

Dalam hadits ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa bulan ramadhan adalah bulan bersabar. Yang artinya bahwa seorang muslim pada bulan ini mempunyai kesempatan untuk melatih dirinya bersabar. Tentu sabar ini ada bermacam-macam.

Pertama, sabar dalam melaksanakan ketaatan-ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala, juga bersabar meninggalkan maksiat yang dilarang oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan juga bersabar atas segala musibah-musibah berat.

Bulan ramadhan adalah musim bagi seorang untuk banyak bersabar. Allah subhanahu wa ta’ala akan memberikan pahala yang tidak ada batasnya bagi orang yang bersabar dan bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kesabaran. Maka seorang muslim, dimulai dari hari pertama, harus membiasakan dirinya untuk bersabar.

Seorang muslim juga dituntut untuk bersabar atas segala takdir Allah yang berat. Yaitu dalam meninggalkan makan dan minum, juga menahan diri dari apa yang Allah subhanahu wa ta’ala halalkan dari perbuatan berhubungan badan dengan istrinya. Ini semua akan membantu dirinya untuk bersabar dalam apa-apa yang menimpanya. Maka seorang muslim pada bulan ini, ketika dia bisa menahan dirinya untuk banyak bersabar, dia akan keluar dari bulan ramadhan dan telah mendapatkan pelajaran besar dari bulan ini. Dia telah terbiasa untuk melakukan ketaatan dan pengaruh bulan ini akan kembali kepadanya bukan hanya pada bulan ini saja. Akan tetapi pengaruhnya akan terasa sepanjang umurnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mensifati bulan ini dengan bulan yang penuh berkah. Dan berkah bulan ini mencakup seluruh detik dari detik-detik bulan ini. Setiap jam dari jam-jam ini mulai dari pertama kali masuk bulan ramadhan sampai keluar seseorang dari bulan ramadhan.

Sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam:

telah datang kepada kalian bulan ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan untuk kalian berpuasa pada bulan tersebut. pada bulan itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan durhaka dibelenggu

Oleh karena itu bulan ini adalah bulan yang banyak sekali keberkahan, kebaikan dan keutamaan-keutamaannya. Kita memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar menyampaikan kita kepada bulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya.

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Ramadhan Adalah Bulan Bersabar – Kitab Wa Ja a Syahru Ramadhan

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00