Telegram Rodja Official

Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah

Menyingkirkan Gangguan dari Jalan – Hadits 1558-1560

By  | 

Menyingkirkan Gangguan dari Jalan – Hadits 1558-1560 merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah. Kajian hadits ini disampaikan pada 26 Sya’ban 1439 H / 12 Mei 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Kekhalifahan dan Kejayaan Islam

Program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Ahad malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' waktu Jakarta (18:00-19:30 WIB)



Status program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Kajian Islam Tentang Menyingkirkan Gangguan dari Jalan – Hadits 1558-1560 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Dari Abu Barzah Al-Aslami ia berkata, “Ya Rasulullah, perintahkan aku suatu amal yang bisa aku amalkan.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga:
Zakat Fitrah

أمِطِ الأذى عن الطر يق، فإنه لك صدقه

Singkirkanlah gangguan dari jalan, karena itu sedekah untuk kamu

Syaikh Albani berkata sanadnya shahih sesuai syarat Muslim. Dan Imam Muslim juga meriwayatkan dalam shahihnya dengan lafadz:

أمِطِ الأذى عن الطر يق

Singkirkanlah gangguan dari jalan

Faidah Hadits

Pertama, pentingnya kita bertanya kepada para ulama, tentang amal-amal yang tentunya bisa kita lakukan. Para sahabat senantiasa bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal.

Yang difikirkan oleh para sahabat adalah bagaimana saya bisa beramal. Meraka senantiasa bertanya kepada Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam dan meminta wasiat tentang apa yang mereka amalkan.

Ada pula kisah sahabat yang datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta wasiat. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “jangan marah.” Diulangi lagi, kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “jangan marah.”

Ada juga yang datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Ya Rasulullah, berikan aku sebuah perintah yang aku dapat memegangnya.” Kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “senantiasa lisanmu selalu berdzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala.”

Jawaban Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berbeda-beda, hal ini dikarenakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan jawaban sesuai dengan keadaan orangnya. Jika orang yang bertanya tadi kurang berdzikir, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam akan memerintahkan untuk berdzikir.

Baca Juga:
Wasiat Syaikh Abdullah bin Shalih Al-'Ubailan Hafidzahullah

Ini juga menunjukkan bahwa apabila seorang alim memberikan nasihat, dia harus betul-betul melihat situasi dan kondisi orang yang bertanya kepadanya.

Faidah kedua, yaitu menyingkirkan gangguan dari jalan termasuk sedekah. Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa menyingkirkan duri dari jalan merupakan cabang keimanan yang paling rendah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan wasiat kepada sahabat ini dengan yang terendah. Hal ini untuk mengisyaratkan kepada yang lebih tinggi dari itu. Artinya yang rendah-rendah saja hendaknya kita berusaha untuk memperhatikan. Apalagi yang lebih besar dari itu.

Terkadang diantara kita ada yang menganggap remeh masalah-masalah yang kecil. Dan menganggap remeh sebuah amal itu sangat tidak bagus. Karena betapa banyak amalan yang remeh menurut kita, tapi disisi Allah sangat besar pahalanya. Kita tidak tahu dengan amalan yang mana kita masuk surga. Banyak amalan yang besar ternyata pahalanya menjadi kecil gara-gara niat kita.

Simak penjelasan lengkap dan download mp3 ceramah agama tentang Menyingkirkan Gangguan dari Jalan – Hadits 1558-1560 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Baca Juga:
Keutamaan Para Sahabat - Hadits 1547-1551 - Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Download Juga: Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.