Tiga Macam Kesabaran Ketika Puasa

By  |  pukul 2:59 pm

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 10 Ramadhan 1439 / 26 Mei 2018 pukul 2:59 pm

Tautan: https://rodja.id/1ve

Tiga Macam Kesabaran Ketika Puasa merupakan untaian mutiara sahur dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini disampaikan pada 6 Ramadhan 1439 H / 22 Mei 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Faedah, Manfaat dan Hikmah Puasa

Ceramah Agama Islam Tentang Tiga Macam Kesabaran Ketika Puasa

Puasa mengumpulkan tiga macam kesabaran. Maka jika kita perhatikan, puasa ini melatih kesabaran kita agar puasa kita lebih panjang. Dan tidak mungkin iman itu hidup jika tidak ada kesabaran. Ali bin Abi Thalib berkata, “sabar dalam keimanan itu seperti kepada untuk badan”. Sebagaimana badan tidak akan bisa hidup tanpa kepala, iman pun demikian. Iman tidak akan hidup kecuali dengan kesabaran.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “tidaklah seseorang diberikan pemberian yang lebih baik dan lebih luas dari kesabaran”. (HR. Imam Bukhari dan Muslim). Hal ini dikarenakan kita hanya diberikan dua pilihan kesabaran. Pilihan sabar di dunia atau sabar di neraka. Sabar di dunia manfaatnya luar biasa, tapi sabar di neraka, sudah tidak ada manfaatnya lagi. Orang yang tidak mau sabar didunia untuk mentaati Allah dan menjauhi maksiat, dia akan bersabar di api neraka. Dan kesabaran di neraka sudah tidak ada manfaatnya lagi.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

اصْلَوْهَا فَاصْبِرُوا أَوْ لَا تَصْبِرُوا سَوَاءٌ عَلَيْكُمْ ۖ إِنَّمَا تُجْزَوْنَ مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ ﴿١٦﴾

Masukklah kamu ke dalamnya (rasakanlah panas apinya); maka baik kamu bersabar atau tidak, sama saja bagimu; kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. At-Thur[52]: 16)

Maka lebih baik kita sabar di dunia dari pada kita sabar dalam api neraka. Adapun tiga kesabaran itu adalah:

1. Sabar untuk mentaati Allah

Untuk menjalankan perintah Allah dan ketaatan-ketaatan Allah, dibutuhkan kesabaran.  Hal ini dikarenakan bahwa jiwa manusia menyuruh kepada keburukan dan juga setan yang selalu menggoda kita. Setan selalu menghalang-halangi dari ketaatan. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا…

Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.” (QS. Thaha[20]: 132 )

2. Sabar untuk meninggalkan kemaksiatan

Betapa banyak orang-orang yang tidak memiliki kesbaran dalam menghadapi syahwat yang akibatnya adalah dia puaskan syahwatnya. Dia tidak peduli apakah Allah ridho atau tidak.

3. Sabar untuk menghadapi musibah

Musibah berupa lapar, haus, lemas, tentu ini semua musibah. Musibah yang melatih kesabaran kita agar kesabaran kita bisa jauh lebih panjang. Karena pada dasarnya kesabaran tidak ada batasnya. Oleh karena itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “bersabarlah sampai engkau bertemu denganku di telaga haud.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Tiga Macam Kesabaran Ketika Puasa

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama Keistimewaan dan Keutamaan Puasa ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00