Telegram Rodja Official

Puasa Ramadhan Mengangkat Derajat

By  |  pukul 8:16 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 22 Ramadhan 1439 / 07 Juni 2018 pukul 8:16 am

Tautan: https://rodja.id/1wg

Puasa Ramadhan Mengangkat Derajat adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Wa Ja a Syahru Ramadhan, sebuah kitab buah karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr. Pembahasan ini juga disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada 11 Ramadhan 1439 H / 27 Mei 2018 M.

Penerjemah: Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Download kajian sebelumnya: Menjaga Puasa Ramadhan

Kajian Tentang Puasa Ramadhan Mengangkat Derajat – Kitab Wa Ja a Syahru Ramadhan

Kita berdo’a kepada Allah subhanahu wa ta’ala semoga kita termasuk orang-orang yang bisa memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dalam dua kitab shahihnya bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:  Terapi Penyakit Hasad

Ini adalah keistimewaan dari bulan ramadhan yang Allah khususkan untuk bulan yang penuh berkah, penuh pemberian dan hadiah dari Allah subhanahu wa ta’ala. Hadits ini mengandung makna bahwasannya bulan ramadhan mempunyai kekhususan yang mana dalam bulan ramadhan banyak sebab-sebab yang bisa menyebabkan orang masuk kedalam surga dan selamat dari neraka. Karena dibukanya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka dibulan ramadhan menunjukkan bahwasannya hati orang yang beriman akan tergerak dibulan ramadhan untuk melakukan ketaatan, melakukan ibadah, mendekat kepada Allah subhanhu wa ta’ala, yang semua itu merupakan sebab-sebab masuknya seseorang kedalam surga. Juga hati orang-orang yang beriman akan tergerak menjauhi segala yang dilarang oleh Allah subhanahu wa ta’ala, yang mana semua itu merukan sebab-sebab masuknya seseorang kedalam neraka.

Maka bulan ramadhan adalah bulan tersebut akan mendapatkan derajat yang tinggi disisi Allah subhanahu wa ta’ala. Juga dengan memanfaatkan bulan ramadhan, kita akan selamat dari neraka dan murka Allah subhanahu wa ta’ala. Dan cukup sebagai bukti untuk hal ini hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Baca Juga:  Membaca Al-Qur'an Dibulan Ramadhan

Allah memiliki hamba-hamba yang dimerdekakan dari neraka. Demikian itu pada setiap malam.(HR. Tirmidzi)

Yaitu setiap malam dimalam-malam bulan ramadhan.

Orang-orang yang beriman dibulan ramadhan, mereka tidak berada pada satu tingkatan dalam amalan-amalan mereka dalam ibadah mereka kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Akan tetapi diantara orang-orang beriman berbeda tingkatan-tingkatan mereka. Maka balasan dan pahala yang akan mereka dapatkan akan berbeda-beda sesuai dengan amalan yang mereka kerjakan. Hal ini mengajak kepada seseorang untuk memperhatikan dirinya sendiri. Baik itu dibulan ramadhan atau diluar ramadhan untuk bersegera dalam melakukan hal-hal yang mengangkat derajatnya diakhirat nanti. Juga seorang muslim seharusnya berhati-hati dari terjatuhnya dia kepada dosa-dosa dan larangan-larangan Allah subhanahu wa ta’ala. Karena ketaatan-ketaatan yang dilakukan oleh seorang hamba, akan mengangkat derajat dia didunia dan diakhirat. Sebaliknya, maksiat yang dia kerjakan akan membuat derajatnya terjatuh.

Baca Juga:  Kaidah Menjadikan Suatu Perkataan Mempunyai Konsekuensi Hukum

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Puasa Ramadhan Mengangkat Derajat – Kitab Wa Ja a Syahru Ramadhan

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.