Dasar Islam adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah Yang Shahih Menurut Pemahaman Salafush Shalih

By  |  pukul 9:20 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 07 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018 pukul 9:20 pm

Tautan: https://rodja.id/1wq

Dasar Islam adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah Yang Shahih Menurut Pemahaman Salafush Shalih merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc. dalam pembahasan Kitab Prinsip Dasar Islam karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzahullahu ta’ala. Kajian ini disampaikan pada 16 Rajab 1439 H / 03 April 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Hadits Tentang Kesempurnaan Islam – Prinsip Dasar Islam

Ceramah Agama Islam Tentang Dasar Islam adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah Yang Shahih Menurut Pemahaman Salafush Shalih – Prinsip Dasar Islam

Islam bersumber kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah yang shahih menurut pemahaman salafush shalih. Sedangkan yang dimaksud dengan salafush shalih adalah para sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Seorang muslim berkewajiban untuk mengikuti atau ittiba’ kepada manhaj atau metode salafush shalih. Adapun dalil-dalil yang menunjukkan hal tersebut adalah sebagai berikut.

Baca Juga:  Tak Kenal Maka Tak Sayang - Bagian ke-2 (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

Dalil dari Al-Qur’an:

وَأَنَّ هَـٰذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَن سَبِيلِهِ ۚ ذَٰلِكُمْ وَصَّاكُم بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ ﴿١٥٣﴾

dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.” (QS. Al-An’am[6]: 153)

Ayat ini sebagaimana dijelaskan didalam hadits Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘ahnu bahwa jalan itu hanya satu. Sedangkan jalan selainnya adalah jalan orang-orang yang mengikuti hawa nafsu dan jalannya ahlul bid’ah. Hal ini sesuai dengan apa yang telah dijelaskan oleh Imam Mujahid rahimahullahu ta’ala ketika menafsirkan ayat ini. Jalan yang satu ini adalah jalan yang telah ditempuh oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Jalan ini adalah  صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا yang wajib atas setiap muslim menempuhnya dan jalan inilah yang akan menghantarkan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Ibnu Qayyim menjelaskan bahwa jalan yang menghantarkan kepada Allah hanya satu. Tidak seorangpun yang dapat sampai kepada Allah kecuali melalui jalan yang satu ini.

Baca Juga:  Dalil-Dalil Bahwa Orang-Orang Yang Beriman Melihat Allah di Surga Bagian 4 - Kitab Al-Ibanah

Tentu ini yang sangat sederhana namun mantab adanya. Bahwa agama Islam ini adalah agama yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala melalui Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam dan tidak melalui jalan yang lain. Berarti tidak ada jalan agama kecuali dari jalan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Ceramah Agama tentang Dasar Islam adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah Yang Shahih Menurut Pemahaman Salafush Shalih – Prinsip Dasar Islam

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.

Baca Juga:  Buah Ilmu (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00