Telegram Rodja Official

Larangan Melangkahi Kuburan

By  |  pukul 4:17 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 11 Syawwal 1439 / 25 Juni 2018 pukul 4:20 pm

Tautan: https://rodja.id/1x0

Larangan Melangkahi Kuburan merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Mahfudz Umri, Lc dalam pembahasan Esiklopedi Larangan dalam Islam. Kajian ini disampaikan pada 24 Rabbi’ul Tsani 1439 H / 12 Januari 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Larangan Memandang Yang Bukan Mahram – Ensiklopedi Larangan dalam Islam

Kajian Tentang Larangan Melangkahi Kuburan – Ensiklopedi Larangan dalam Islam

Didalam agama Islam, kuburan memiliki kedudukan dan dimuliakan sesuai dengan tempat dan kedudukan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

لَأَنْ يَجْلِسَ أَحَدُكُمْ عَلَى جَمْرَةٍ فَتُحْرِقَ ثِيَابَهُ حَتَّى تَخْلُصَ إِلَى جِلْدِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَجْلِسَ عَلَى قَبْرٍ

Sungguh, sekiranya salah seorang diantara kalian duduk di atas bara api sehingga membakar pakaiannya hingga menembus ke kulitnya, adalah lebih baik baginya daripada ia duduk di atas kuburan.” (HR. Muslim)

Baca Juga:  Pengertian Syirik dalam Ibadah

Maka tidak boleh berjalan di atas kuburan. Yang boleh adalah berjalan diantara kubur-kubur tersebut dengan melepas sendalnya.

Agama Islam merupakan agama yang mengumpulkan antara kemaslahatan orang-orang yang masih hidup dan kemaslahatan bagi orang-orang yang sudah meninggal dengan menjaga kemuliaan orang-orang yang sudah meninggal dan juga bagaimana menjaga keyakinan aqidah orang-orang yang masih hidup. Dari zaman ke zaman, ada orang yang salah dalam bermuamalah dalam kuburan. Bahkan kesalahan ini adalah kesalahan yang fatal dan bisa terjerumus kepada kesyirikan atau perbuatan bid’ah. Namun jika kita mengikuti petunjuk, maka akan sesuai dengan sunnah dan akan membawa manfaat kepada orang yang masih hidup dan juga kepada orang yang sudah meninggal.

Baca Juga:  Diskusi Ibnu Abbas dengan Kaum Khawarij

Ada orang yang datang ke kuburan untuk meminta-minta kepada kuburan.  Ada pula yang datang kepada kuburan lalu bertawassul dengan orang yang ada didalam kuburan tersebut. Bagaimana hukumnya?

Simak Penjelasan Lengkap dan Download Kajian Tentang Larangan Melangkahi Kuburan – Ensiklopedi Larangan dalam Islam

Demikianlah ringkasan dan audio kajian tentang “Larangan Melangkahi Kuburan”. Mari turut membagikan artikel dan audio kajian serta link download kajian ini ke akun media sosial yang kita miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahufiikum

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.