Pentingnya Belajar Bahasa Arab

By  |  pukul 7:59 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 10 Dzulqa'dah 1439 / 23 Juli 2018 pukul 1:44 pm

Tautan: https://rodja.id/1y3

Pentingnya Belajar Bahasa Arab merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Hamzah Abbas, Lc. Kajian ini disampaikan pada 4 Dzul Qa’idah 1439 H / 18 Juli 2018 M.

Kajian Motivasi Pentingnya Belajar Bahasa Arab – Ustadz Hamzah Abbas, Lc.

Tidak ragu lagi, setiap muslim pasti akan mengatakan bahwasannya dia butuh bahasa arab. Dan kebutuhan kita terhadap bahasa arab ini melebihi kebutuhan kita terhadap makan dan minum. Apabila makan dan minum cukup dua atau tiga kali dalam sehari semalam, maka bahasa arab ini tidah hanya dua atau tiga kali. Bahkan kita membutuhkan bahasa arab ini sejak kita bangun tidur sampai kita tidur kembali. Atau kita katakan dengan bahasa lain bahwa setiap muslim sudah mulai berbasa arab sejak dia membuka matanya sampai dia menutup mata kembali.

Download Pelajaran Bahasa Arab: Durusul Lughah 1 – Halaman 1-40 – Album Bagian ke-1 (Ustadz Hamzah Abbas, Lc.)

Baca Juga:  Pelajaran Bahasa Arab: Durusul Lughah 3, Halaman 127 - Latihan 5 (Ustadz Mas’ud Mahmud, Lc.)

Sebagai contoh, seorang muslim yang baik. Ketika dia membuka matanya tentu dia akan mengucapkan do’a yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika bangun tidur. Dan do’a itu tentu saja dengan bahasa arab. Artinya, ketika seorang muslim membuka matanya dipagi hari, dia sudah memulai harinya dengan bahasa arab. Begitulah seterusnya sampai dia nanti ketika akan menutup matanya kembali dimalam hari, dia juga menutup hari itu dengan mengucapkan do’a yang tentunya dengan bahasa arab.

Seorang muslim juga berharap agar apa yang dia baca ia pahami. Tentu do’a-do’a dan dzikir-dzikir ini akan menjadi kosong dan hampa saja jika seorang tidak memahaminya. Semakin kita memahaminya, maka akan semakin bermakna dalam kehidupan kita.

Wasilah terbesar untuk memahami do’a dan dzikir tersebut adalah dengan mempelajari bahasa arab. Ini hanya dzikir dan do’a yang hukumnya sunnah saja. Bayangkan kalau seandainya ada do’a-do’a yang hukumnya wajib. Seperti do’a dan dzikir yang kita baca ketika shalat lima waktu. Kita semua tahu bahwa ibadah shalat ini adalah ibadah yang frekwensinya paling banyak kita lakukan dalam sehari semalam. Kita semua juga telah mengetahui bahwa ibadah shalat ini adalah rangkaian do’a dan dzikir yang kita baca sejak takbiratul ikhram sampai salam. Dan semua rangkaian yang kita baca adalah bahasa arab.

Baca Juga:  Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1246-1255 - TPP: Haramnya Menghajr Seorang Muslim Lebih dari Tiga Hari, Penyakit 'Ain, hingga Adab Tidur (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Hal ini menunjukkan bahwa bahasa arab sangat kita butuhkan dalam memahami do’a dan dzikir yang hukumnya hanya sunnah. Kemudian juga dibutuhkan untuk memahami do’a dan dzikir yang hukumnya wajib. Karena wasilah terbesar agar kita khusyu’ dalam shalat adalah dengan mentadabburi dan memahami apa yang dibaca dan dikerjakan ketika shalat. Yang mana kita tahu khusyu’ dalam shalat adalah salah satu tanda dari pada tanda-tanda utama dari seorang mukmin. Hal ini sebagaimana yang Allah firmankan dalam surat Al-Mu’minun.

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ ﴿١﴾ الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ ﴿٢﴾

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya,” (QS. Al-Mu’minun[23]: 1-2)

Baca Juga:  Tafsir Surat Al-Mursalat Ayat 1-32 - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Maka dari sini kita tidak mungkin bisa khusyu’ dalam shalat jika kita tidak memahami apa yang dibaca dalam shalat.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download Kajian Motivasi Pentingnya Belajar Bahasa Arab – Ustadz Hamzah Abbas, Lc.

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00