Telegram Rodja Official

Aqidah Imam Sufyan Ats Tsauri

By  |  pukul 8:50 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 01 Jumadil akhir 1440 / 06 Februari 2019 pukul 4:24 pm

Tautan: https://rodja.id/1yb

Aqidah Imam Sufyan Ats Tsauri merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdurrahman Thoyyib, Lc. Kajian ini disampaikan pada 20 Rajab 1439 H / 07 April 2018 M.

Kajian Aqidah Imam Sufyan Ats Tsauri – Ustadz Abdurrahman Thoyyib, Lc.

Materi aqidah ini diambil dari kitab Syarah Ushul I’Tiqad Ahlussunah wal Jama’ah yang ditulis oleh Imam Al Lalika’i. Yang mana pada jilid pertama, halaman 170 beliau mencantumkan sebuah bab yang berjudul, “Riwayat-Riwayat dari Salaf Tentang Aqidah Ahlussunnah”. Maka ini hanya sekedar meneruskan perjalanan aqidah para salafush shalih.

Aqidah Imam Sufyan Ats Tsauri

Poin pertama yang diucapkan oleh Imam Sufyan Ats Tsauri adalah, “Al-Qur’an adalah kalamullah dan bukan makhluk. DariNya berasal dan kepadaNyalah akan kembali. Barang siapa yang mengatakan selain ini, maka dia kafir.” Ini adalah aqidah salaf yang selalu ada dalam kitab-kitab aqidah. Ini semua dalam rangka pembelaan terhadap hak Allah subhanahu wa ta’ala. Yang mana secara umum, para salafush shalih sangat amat memperhatikan hak Allah lebih dari hak-hak yang lainnya. Kalau ada yang mengusik hak Allah, mereka pasti berada dibarisan terdepan untuk membela hak Allah. Diantaranya adalah membela sifat-sifat Allah subhanahu wa ta’ala, juga tentang masalah Al-Qur’an.

Baca Juga:  Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur - Tabligh Akbar Syaikh Ibrahim Ar-Ruhaili

Pada zaman itu muncul kelompok Jahmiyyah yang mengatakan Al-Qur’an adalah makhluk. Maka para ulama salaf berbondong-bondong untuk membantah ucapan tersebut dengan mencantumkannya dalam kitab-kitab aqidah mereka. Keyakinan bahwa Al-Qur’an adalah kalamullah ini sebagaimana yang Allah firmankan:

وَإِنْ أَحَدٌ مِّنَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَامَ اللَّـهِ ثُمَّ أَبْلِغْهُ مَأْمَنَهُ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لَّا يَعْلَمُونَ ﴿٦﴾

Dan jika seorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.” (QS. At-Taubah[9]: 6)

Ini yang harus kita yakini bersama dan firman Allah kalamullah adalah sifat Allah subhanahu wa ta’ala. Namanya sifat Allah tidak sama dengan sifat makhluk. Makhluk berbicara, Allah berbicara, namun hakikat keduanya tidak sama.

Baca Juga:  Pentingnya Akhlak Mulia - Bagian ke-1 - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

Simak Penjelasan Lengkap dan Download Kajian Aqidah Imam Sufyan Ats Tsauri – Ustadz Abdurrahman Thoyyib, Lc.

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.