Telegram Rodja Official

Serial 'Aqidah Salaf

Aqidah Imam Bukhari

By  |  pukul 8:22 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 06 Februari 2019 pukul 4:24 pm

Tautan: https://rodja.id/1ya

Aqidah Imam Bukhari merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdurrahman Thoyyib, Lc. Kajian ini disampaikan pada 22 Syawwal 1439 H / 12 Mei 2018 M.

Kajian Aqidah Imam Bukhari – Ustadz Abdurrahman Thoyyib, Lc.

Materi aqidah ini diambil dari kitab Syarah Ushul I Tiqad Ahlussunah Wal Jamaah yang ditulis oleh Imam Al Lalika’i. Yang mana pada jilid pertama, halaman 170 beliau mencantumkan sebuah bab yang berjudul, “Riwayat-Riwayat dari Salaf Tentang Aqidah Ahlussunnah”. Maka ini hanya sekedar meneruskan perjalanan aqidah para salafush shalih.

Aqidah Imam Bukhari

Imam Bukhari pernah berkata, aku pernah berjumpa lebih dari seribu ulama, dari Mekah, Madinah, Kufah, Basrah, Baghdad, Syam dan Mesir. Dan mereka semua sepakat tentang hal-hal berikut ini.

Bahwasannya agama atau dalam ucapan ulama yang lain bahwa iman harus dengan ucapan dan amal perbuatan. Sudah sering kita sampaikan bahwa ulama ahlussunnah wal jama’ah berbeda ungkapan tentang definisi iman. Ada yang secara singkat mengatakan bahwa iman adalah ucapan dan perbuatan. Ada pula yang menambah lagi iman adalah ucapan, keyakinan dan amal perbuatan. Inti dari definisi iman yang disampaikan oleh ulama ahlussunnah wal jama’ah. 

Kemudian Imam bukhari mengatakan, “agama adalah ucapan dan perbuatan”. Ini tidak bertentangan dengan yang menambah “kayakinan”. Karena bahwasannya ucapan dan perbuatan sudah mencakup juga keyakinan. Maka tidak salah kalau ada yang menyingkat iman adalah amal dan perbuatan. Dalil bahwa iman harus dengan ucapan dan perbuatan adalah firman Allah subhanahu wata’ala:

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّـهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ ﴿٥﴾

Baca Juga:
Pengaruh Lingkungan terhadap Perkembangan Anak - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al Bayyinah[98]: 5)

Pada ayat di atas Allah mengatakan bahwa diantara bentuk ibadah yang Allah perintahkan adalah shalat. Didalam shalat itu ada ucapan dan amal perbuatan. Para ulama menyebutkan hal ini dalam kitab-kitab aqidah mereka adalah untuk membantah kelompok yang bernama Murjiah. Dimana mereka  dinamakan Murjiah karena mengakhirkan amal atau tidak memasukkan amal dalam bagian iman. Kelompok Murjiah mengatakan bahwa amal bukan bagian dari keimanan. Tentu ini keliru. Karena Allah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memasukkan amal dan menjadikan amal bagian dari pada iman.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download Kajian Aqidah Imam Bukhari – Ustadz Abdurrahman Thoyyib, Lc.

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Baca Juga:
Kala Kesedihan Melanda Hati Bagian 2 - Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + = 27

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.