Apa Yang Harus Diperkuat Ketika Kita Tertimpa Musibah?

By  |  pukul 9:12 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 15 Dzulqa'dah 1439 / 28 Juli 2018 pukul 9:12 am

Tautan: https://rodja.id/1yh

Pertanyaan tentang “Apa Yang Harus Diperkuat Ketika Kita Tertimpa Musibah?” ini ditanyakan oleh pemirsa Rodja TV dan pendengar Radio Rodja 756AM pada

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jika kita tertimpa musibah, apa yang harus kita perkuat? Rasa harap atau takut? Dan ketika kita mendapatkan kenikmatan, apa yang harus diperkuat? Rasa harap atau rasa takut? Mohon nasihatnya agar kami tidak salah didalam menyikapi musibah dan nikmat yang kami hadapi.

Syukron, jazakallah khoir. 

Jawaban:

Yang harus atau yang dibutuhkan oleh seorang beriman ketika dia ditimpa musibah, yaitu bersabar. Hal ini agar dia mendapatkan pahala orang-orang yang bersabar. Dan ketika orang yang beriman mendapatkan nikmat, maka yang dibutuhkan adalah bersyukur agar dia mendapatkan pahala orang-orang yang bersyukur. Adapun perasaan takut dan perasaan harap, ini harus senantiasa ada dalam hati seorang yang beriman dalam segala keadaannya. Baik dia dalam mendapatkan nikmat ataupun dalam keadaan mendapatkan musibah. Karena perasaan takut dan harap ini harus selalu ada didalam hati orang yang beriman ketika dia beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala dalam seluruh kehidupannya. Baik ketika dia mendapatkan nikmat maupun ketika dia mendapatkan musibah. Hal ini karena sifat orang yangberiman selalu mengharap pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala dan selalu takut akan adzab Allah subhanahu wa ta’ala.

Dijawab oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr dan diterjemahkan oleh Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Baca Juga:  Larangan Niyahah / Meratap saat Mendapatkan Musibah - Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

Simak kajian lengkapnya di Sungguh Istimewa Perkara Orang Yang Beriman – Al Wasaail Mufiidah Lil Hayaatis Sa’iidah

Simak mp3 jawaban pertanyaan “Apa Yang Harus Diperkuat Ketika Kita Tertimpa Musibah?”

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Baca Juga:  Buah dan Faidah dari Keimanan - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00