Masjid Al-Barkah

Buyuutun Muthmainnah

Bagaimana Menjaga Amanah (Ustadz Firdaus Sanusi, M.A.)

By  |  pukul 11:40 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 20 November 2013 pukul 7:47 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=4096

Ceramah agama oleh: Ustadz Firdaus Sanusi, M.A.

Silakan download kajian berikut yang merupakan siaran live pada Selasa pagi, 12 Muharram 1435 / 12 November 2013, pukul 10:00-11:30 WIB di Radio Rodja dan RodjaTV dalam program Buyutun Muthmainnah. Dalam kesempatan ini, Ustadz Firdaus Sanusi membawakan materi berjudul Bagaimana Menjaga Amanah. Silakan download ceramah agama Islamnya atau dapat Anda dengarkan langsung.

[sc:status-buyutun-muthmainnah-ustadz-firdaus-sanusi-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam

Dalam Al-Qur’anul Karim, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَن يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْإِنسَانُ إِنَّهُ كَانَ ظَلُوماً جَهُولاً (٧٢)

“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.” (Q.S. Al-Ahzab [33]: 72)

Amanah yang dimaksudkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al-Quran Al-Karim yaitu amanah agama, amanah berupa syariat Allah Subhanahu wa Ta’ala, aturan-aturan hidup yang Allah turunkan untuk kebaikan manusia itu sendiri, namun kemudian, banyak orang-orang yang mengkhianatinya. Banyak orang-orang yang mengkhianati agama Allah Subhanahu wa Ta’ala tersebut. Mereka tidak mau mentaati Allah. Mereka tidak mau tunduk kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mereka tidak mau patuh kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Banyak orang-orang yang berbuat dzalim, sehingga mereka dibiarkan diri mereka hidup dalam kegelapan yang nyata. Mereka banyak berbuat maksiat, berbuat dosa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, juga tidak mengindahkan perintah-perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala agar mentaati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yaitu agar ittiba’ (mengikuti) segala teladan yang diberikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yang sepatutnya mereka terapkan dalam kehidupan rumah tangga mereka.

Baca Juga:
Pentingnya Mengajarkan Al-Quran kepada Anak (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَطِيعُواْ اللّهَ وَأَطِيعُواْ الرَّسُولَ وَأُوْلِي الأَمْرِ مِنكُمْ فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللّهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً (٥٩)

“Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (Q.S. An-Nisa’ [2]: 59)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَخُونُواْ اللّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُواْ أَمَانَاتِكُمْ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ (٢٧)

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (Q.S. Al-Anfal [8]: 27)

وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ (٨)

“Dan orang-orang yang memelihara amanah-amanah (yang dipikulnya) dan janjinya.” (Q.S. Al-Mu’minun [23]: 8)

Simak selanjutnya dengan mendengarkan langsung atau download kajiannya.

Download Kajian Tema Keluarga / Rumah Tangga: Bagaimana Menjaga Amanah

Silakan download ceramah agama Islamnya dan bagikan ke saudara-saudara Anda di Facebook, Twitter, dan Google+.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.