Telegram Rodja Official

Dialog Kesehatan Herbal

Dialog Herbal: Khasiat dan Manfaat Temu Kunci (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji)

By  |  pukul 11:10 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 12 Maret 2016 pukul 11:24 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=4119

Konsultasi kesehatan herbal oleh: Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji

Alhamdulillah, bisa kami sajikan kembali sebuah rekaman dari program Dialog Herbal, sebuah program yang didedikasikan untuk para pendengar dan pemirsa Rodja untuk dapat senantiasa menjaga kesehatan dalam tips-tips dan konsultasi kesehatan bersama Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji. Ini adalah rekaman dari siaran live pada Rabu pagi, 9 Muharram 1435 / 13 November 2013, pukul 08:00-10:00 WIB di Radio Rodja dan RodjaTV. Silakan didownload dan semoga bermanfaat.

[sc:status-dialog-herbal-sinse-abu-muhammad-2013]

Ringkasan Dialog Kesehatan Herbal: Khasian dan Manfaat Temu Kunci

Kita hendak membahas di kesempatan ini, yaitu tanaman yang biasa digunakan untuk menegakkan tulang punggung kita dan mengobati badan kita, yakni temu kunci. Tanaman yang disebut sebagai Kaempferia pandurata. Kata Kaempferia di sini berarti menunjukkan temu kunci adalah jenis kencur-kencuran, bukan dari jahe-jahean.

Temu kunci ini biasa digunakan untuk sayur bening, menemani bawang merah, atau terkadang diberi kencur. Temu kunci sebenarnya merupakan tanaman semak semusim, di mana batangnya semu, berpelepah membentuk rimpang, warnanya kuning keputihan, daunnya tunggal bentuknya lanset berwarna hijau, kemudian bunganya berbentuk tandan berbulir, mahkota bunganya berbentuk tabung dan bergerigi berwarna putih kekuningan.

Baca Juga:
Penyakit Asma dan Cara Pengobatannya - Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji)

Temu kunci di beberapa daerah memiliki nama-nama yang berbeda. Orang Melayu menyebutnya temu konceh. Orang Minangkabau, Sumbar, menyebutnya temu kunci. Orang Sunda dan Jawa tetap menyebutnya sebagai temu kunci, nama familiar ini termasuk digunakan oleh orang Makassar, Bugis, dst.

Temu kunci biasanya tumbuh di tanah ketinggian 1 meter hingga 1.000 meter di atas permukaan laut, artinya dapat tumbuh dari pantai hingga kaki gunung. Kemudian, temu kunci ini termasuk jenis tanaman yang menghendaki tanah (yang sebagai tempat tumbuhnya) adalah tanah yang subur. Biasanya, tanaman temu kunci digunakan untuk bumbu-bumbuan. Sangat jarang sekali temu kunci diproses untuk lainnuya, walaupun ada beberapa petani yang membudidayakan temu kunci yang kemudian digunakan sebagai obat.

Temu kunci digunakan sebagai obat oleh para pengobat klasik zaman dahulu, dikarenakan karakteristik temu kunci yang bersifat dingin. Dan dinginnya temu kunci ini mampu bersifat panas. Maka kalau ada istilah “darah panas bergejolak”, maka temu kunci mendinginkan. Temu kunci mendinginkan panas yang berlebih, menawarkan racun panas, dan beberapa sindrom-sindrom panas lainnya. Artinya, dia mendinginkan, menyejukkan tubuh, membersihkan darah, menguatkan ginjal, meluruhkan kencing, kemudian menghilangkan rasa sakit. Dan temu kunci ini mengandung beberapa kandungan sangat baik, di antaranya kandungan pinostrobin yang ada pada temu kunci, yang merupakan zat yang mampu digunakan sebagai antioksidan, mampu menghambat sel kanker sampai 80 persen.

Baca Juga:
Kepala, Penyakit Kepala, serta Solusi Pengobatannya - Bagian ke-3 - Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji)

Dst.

Silakan disimak di rekaman program Dialog Herbal yang dapat Anda download sekarang juga.

Dengarkan dan Download Sekarang Dialog Kesehatan Herbal – Sinse Abu Muhammad

Silakan dibagi-bagikan ke saudara-saudara kita di Facebook, Twitter, dan Google+.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 88 = 98

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.