Telegram Rodja Official

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Riyadhush Shalihin: Bab Keutamaan Wudhu – Bab ke-185 (Syaikh Prof. Dr ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  | 

Kajian kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Pada Ahad sore, 13 Muharram 1435 / 17 November 2013, pukul 17:00-18:00 WIB, kita dapat lanjutkan kembali kajian kitab Riyadhush Shalihin ( bersama Syaikh Abdurrazzaq bin Abdilmuhsin Al-Badr dan Ustadz Firanda sebagai penerjemah, walhamdulillah. Kali ini kita sampai pada pembahasan bab ke-185 dengan tema “Keutamaan Wudhu, yaitu masih di dalam kitab Fadhilah / Keutamaan Amal. Silakan download rekaman kajian kitab Riyadhush Shalihin ini dan silakan dibagikan kepada saudara-saudara kita.

NB: Tidak ada sesi tanya-jawab dalam rekaman ini karena keterbatasan waktu.

[sc:status-riyadhush-shalihin-syaikh-abdur-razzaq-abdul-muhsin-2013]

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Fadhilah / Keutamaan Amal (كتَاب الفَضَائِل

Bab ke-185: Bab Keutamaan Berwudhu (باب فضل الوضوء)

[00:23]
Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فاغْسِلُواْ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُواْ بِرُؤُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَينِ وَإِن كُنتُمْ جُنُباً فَاطَّهَّرُواْ وَإِن كُنتُم مَّرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاء أَحَدٌ مَّنكُم مِّنَ الْغَائِطِ أَوْ لاَمَسْتُمُ النِّسَاء فَلَمْ تَجِدُواْ مَاء فَتَيَمَّمُواْ صَعِيداً طَيِّباً فَامْسَحُواْ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ مَا يُرِيدُ اللّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَـكِن يُرِيدُ لِيُطَهَّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (٦)

Baca Juga:
Bab Keutamaan Shalawat atas Nabi Muhammad - Bagian ke-2 - dan Bab Keutamaan Dzikir dan Anjuran Melakukannya - Bagian ke-1 - Bab 243-244 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. DR 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih). sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan ni’mat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (Q.S. Al-Ma’idah [5]: 6)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

سَمِعْتُ رسول الله – صلى الله عليه وسلم – يقول: «إنَّ أُمَّتِي يُدْعَوْنَ يَوْمَ القِيَامَةِ غُرًّا مُحَجَّلينَ مِنْ آثَارِ الوُضُوءِ.» فَمَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ أَنْ يُطِيلَ غُرَّتَهُ فَلْيَفْعَلْ.

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya umatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan mereka keluar cahaya dari anggota-anggota wudhu mereka (seperti wajah, tangan, dan kaki mereka) karena bekas wudhu mereka.” (Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata:) Barangsiapa di antara kalian yang mampu memanjangkan cahayanya, maka lakukanlah.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Silakan mengambil faedah yang banyak dari kajian kitab bersama Syaikh Abdurrazzaq ini dengan menyimaknya langsung (play) atau download rekamannya.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab ke-185

Baca Juga:
Larangan bagi Orang Kota Menjualkan Barang Orang Pedalaman, Mencegat Para Pedagang di Perjalanan, dan Seterusnya, hingga Larangan Menyia-nyiakan Harta - Bab 355-356 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Yuk, bagi-bagikan ke saudara-saudara kita melalui akun Facebook, Twitter, dan Google+ kamu. Jazakumullahu khoiron.

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.