Telegram Rodja Official

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Riyadhush Shalihin: Bab Keutamaan Adzan – Bab ke-186 (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  | 

Kajian kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Mari kita simak kembali, kitab Fadhilah / Keutamaan Amalan-amalan, sebuah kitab dalam kitab Riyadhush Shalihin, yang ditulis oleh Imam An-Nawawi rahimahullahu Ta’ala rahmatan wasi’ah, yang pada Senin sore, 14 Muharram 1435 / 18 November 2013, pukul 17:00-18:00 WIB telah membahas bab ke-186 mengenai Keutamaan Adzan. Pembahasan kitab ini dibawakan oleh Syaikh Abdurrazzaq Abdulmuhsin Al-Abbad Al-Badr, dan diterjemahkan oleh Ustadz Firanda Andirja hafidzhumallahu Ta’ala. Pembahasan bab ini melanjutkan dari pertemuan ilmiah sebelumnya dengan bab ke-185 tentang Keutamaan Wudhu. Alhamdulillah, dapat kita simak langsung sekarang rekamannya. Anda dapat memutarnya langsung atau download rekaman kajiannya.

[sc:status-riyadhush-shalihin-syaikh-abdur-razzaq-abdul-muhsin-2013]

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Fadhilah / Keutamaan Amal (كتَاب الفَضَائِل

Bab ke-186: Bab Keutamaan Adzan (باب فضل الأذان)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا في النِّدَاءِ والصَّفِ الأَوَّلِ، ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلاَّ أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لاسْتَهَمُوا عَلَيْهِ، ولو يَعْلَمُونَ مَا فِي التَّهْجِيرِ لاَسْتَبَقُوا إِلَيْهِ، وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي العَتَمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا». متفقٌ عَلَيْهِ.

Baca Juga:
Keutamaan dan Manfaat Dzikir ke-58-59 - Dzikir Termasuk Penolong Terbesar untuk Melaksanakan Ketaatan kepada Allah dan Dzikir Memudahkan Urusan Seorang Hamba - Kitab Al-Wabilush Shayyib (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

“Kalau seandainya orang-orang mengetahui ganjaran yang Allah berikan dalam adzan dan ganjaran yang Allah siapkan di shaf yang pertama, kemudian dia tidak mendapatkan hal tersebut kecuali dengan berundi, maka mereka akan berundi (supaya mendapatkan keutamaan tersebut). Dan seandainya orang-orang mengetahui tentang ganjaran yang besar yang Allah siapkan bagi orang yang bersegera datang ke masjid untuk shalat, maka mereka akan berlomba-lomba meraih pahala tersebut. Dan seandainya mereka mengetahui pahala yang besar yang Allah siapkan dalam shalat Isya dan shalat Subuh, maka mereka akan mendatangi shalat Isya’ dan shalat Subuh meskipun harus merangkak.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Kata Imam Nawawi rahimahullah:
1. الاسْتِهَامُ artinya الاقْتِرَاعُ, yaitu undian.
2. التَّهْجِيرُ artinya التَّبْكِيرُ إِلَى الصَّلاةِ, yaitu bersegera untuk shalat.

Silakan simak lebih lanjut dengan mendengarkannya langsung atau download rekaman kajiannya.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab ke-186

Silakan dibagi-bagikan file MP3 kajiannya atau bagikan link/tautan ini ke saudara-saudara kita di Facebook, Twitter, dan Google+. Jazakumullahu khoiron.

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.