Telegram Rodja Official

Al-Irsyaad ilaa Shahiihi Al-I'tiqaad

Beriman kepada Tanda-tanda Hari Kiamat – Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Kita dapat lanjutkan kembali, kajian kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad, alhamdulillah pada Rabu pagi, 16 Muharram 1435 / 20 November 2013, pukul 05:30-07:00 WIB dapat terselenggara kembali lanjutan dari tema pekan lalu yang membahas tentang “Hikmah Ditutupnya Kenabian dengan Nabi Muhammad”, yaitu “Beriman kepada Tanda-tanda Hari Kiamat“, sebuah subbab dalam bab “Beriman kepada Hari Kiamat”. Silakan didownload.

[sc:status-al-irsyad-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad Ini: Beriman kepada Hari Kiamat (الإيمان باليوم الآخر)

Beriman kepada Tanda-tanda Hari Kiamat (الإيمان بأشراط الساعة)

Sebelum hari kiamat, Allah Subhanahu wa Ta’ala menegakkan kepada hamba akan kebenaran hari kiamat tentang tanda tandanya, dan ini juga menunjukkan akan kebenaran kenabian Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Kenapa? Karena semua yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kabarkan tentang hari kiamat ternyata terjadi, seperti apa yang beliau kabarkan. Dan itu semakin meyakinkan kita, bahwa akan kebenaran risalah Nabi Muhammad, bahwa Rasulullah tidak pernah berbicara dengan hawa nafsu.

Baca Juga:
Persatuan Umat Islam - Bagian ke-1 - Poin 80 - Syarah 'Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah (Ustadz Yazid 'Abdul Qadir Jawas)

لما كان اليوم الآخر مسبوقا بعلامات تدل على قرب وقوعه تسمى أشراط الساعة؛

Hari kiamat, didahului oleh tanda-tanda yang menunjukkan akan dekatnya hari kiamat itu, dan itu disebut dengan tanda-tanda hari kiamat. Dan kita akan sebutkan (kata penulis) di antara tanda-tanda kiamat yang penting agar kita semakin mengimani akan adanya hari akhirat, karena itu adalah hari perhitungan, hari di mana sudah tidak ada amal, yang ada adalah hisab.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانشَقَّ الْقَمَرُ (١)

“Telah dekat as-sa’ah (hari kiamat) dan telah terbelah bulan.” (Q.S. Al-Qamar [54]: 1)

Allah Ta’ala juga berfirman:

فَهَلْ يَنظُرُونَ إِلَّا السَّاعَةَ أَن تَأْتِيَهُم بَغْتَةً فَقَدْ جَاء أَشْرَاطُهَا … (١٨)

“Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. …” (Q.S. Muhammad [47]: 18)

Yang dimaksud dengan “sungguh telah datang tanda-tandanya”, Al-Imam Al-Baghawi berkata, yaitu diutusnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa diutusnya Nabi Muhammad itu tanda dekatnya hari kiamat. Subhanallah

Allah Ta’ala juga berfirman:

… وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ قَرِيبٌ (١٧)

“… Dan tahukah kamu, boleh jadi hari kiamat itu telah dekat?” (Q.S. Asy-Syura [42]: 17)

Simak kajian “Beriman kepada Tanda-tanda Hari Kiamat” ini dengan mendengarkannya langsung atau download sekarang juga.

Baca Juga:
Sifat Murka Allah Subhanahu wa Ta'ala - Bagian ke-2 - Kitab Al-'Aqidah Al-Wasithiyyah (Ustadz Maududi Abdullah, Lc.)

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Beriman kepada Tanda-tanda Hari Kiamat

Alhamdulillah, mari kita download dan share kajian ini kepada saudara-saudara kita. Silakan gunakan Facebook, Twitter, dan Google+ untuk men-share. Jazakumullahu khoiron.

Telegram Rodja Official

2 Comments

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.