Telegram Rodja Official

Kun Salafiyyan 'alal Jaaddah

Pengertian As-Sunnah

By  | 

Pengertian As-Sunnah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A. dalam pembahasan kajian kitab “كن سلفيا على الجادة (Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah)” karya Syaikh Abdussalam bin Salim As-Suhaimi hafidzahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan manhaj dan salaf. Kajian ini disampaikan pada 5 Rabbi’ul Tsani 1439 H / 24 Desember 2017 M.

Download juga kajian sebelumnya: Mukadimah – Bagian ke-5 – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Ceramah Agama Islam Tentang Pengertian As-Sunnah – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Dengan kita mengenal manhaj yang benar, tidak akan tersisa kekaguman dalam diri kita bagi orang-orang yang menjelaskan Islam atau mengaku mengajak pemahaman umat kepada pemahaman Islam yang benar. Seindah apapun retorikanya, seindah apapun kata-katanya, tapi kalau tidak sesuai dengan penjelasan sunnah yang gamblang dan pemahaman para sahabat radhiyallahu ta’ala anhum ajma’inmaka itu tidak akan membawa kepada kebaikan dan pasti akan membawa kepada penyimpangan. Maka tidak ada kekaguman dihati kita kepada model dakwah seperti ini sampai orang yang menyampaikan dakwah tersebut mau mengembalikan pemahamannya kepada sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam dan pemahaman para sahabat radhiyallahu ta’ala anhum ajma’in.

Diakhir pembahasan kemarin, kita dapati satu penjelasan Syaikh Abdussalam bin Salim As-Suhaimi hafidzahullah, bahwa penamaan yang disebutkan dalam kitab ini, ternyata diambil dari ucapan salah seorang ulama besar di Saudi. Yaitu Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid ketika menjelaskan adab-adab menuntut ilmu.

Baca Juga:
Bahayanya Bergaul dengan Ahli Bid'ah - Poin 91-98 - Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Diantara metode besar yang ditekankan oleh semua ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah ketika menjelaskan adab-adab menuntut ilmu adalah tersimpul dalam kalimat ini. “Jadilah kamu pengikut manhaj salaf yang sejati.” Tidak mencampuradukkan pemahaman dan mengkaburkan perkara-perkara yang telah disepakati oleh para ulama salaf. Sehingga tidak berusaha menjelaskan jalan yang terang untuk ditempuh oleh umat ini. Sebagaimana yang dulu telah dilakukan oleh para sahabat dan para ulama yang mengikuti jalan mereka dengan baik.

Bukankah ini yang kita bahas berkali-kali?

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Pengertian As-Sunnah – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah



Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Lihat Juga: Radio Streaming, Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Belajar Bahasa Arab,

Baca Juga:
Bab Dosa Orang yang Berdusta atas Nama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam - Hadits 106-110 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

 

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.