Telegram Rodja Official

Penisbatan Kepada Kelompok-Kelompok Menyimpang

By  |  pukul 8:32 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 25 Muharram 1440 / 05 Oktober 2018 pukul 1:54 pm

Tautan: https://rodja.id/1yr

Penisbatan Kepada Kelompok-Kelompok Menyimpang merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A. dalam pembahasan kajian kitab “كن سلفيا على الجادة (Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah)” karya Syaikh Abdussalam bin Salim As-Suhaimi hafidzahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan manhaj dan salaf. Kajian ini disampaikan pada 13 Rajab 1439 H / 31 Maret 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Penamaan Syar’i Bagi Ahlussunnah

Ceramah Agama Islam Tentang Penisbatan Kepada Kelompok-Kelompok Menyimpang – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Seseorang yang menamakan dirinya ahlussunnah wal jama’ah, seseorang yang mengatakan salafi (seorang yang mengikuti manhaj salaf) atau Al-Atsary, atau juga ahlul hadits, atau orang-orang yang disebut termasuk kedalam golongan Al-Firqotun Najiyah (golongan yang selamat), Ath-Thoifatul Manshuroh (golongan yang selalu mendapatkan pertolongan dari Allah), Al-Ghuroba (orang-orang yang asing). Tentu ini berbeda dengan penisbatan atau penamaan yang dilakukan oleh sebagian ahlul bid’ah. Sehingga ada sebagian orang yang mengkritik penamaan salafi disebut-sebut sama dengan penamaan jahmiyyah, mu’tazilah atau khawarij. Ini jelas sangat berbeda, seperti perbedaan antara barat dan timur. Mereka tidak menggunakan dalil dan tidak menisbatkan diri kepada kebenaran.

Baca Juga:  Jangan Duakan Dia

Penamaan-penamaan mereka itu dinisbatkan kepada orang-orang tertentu yang mereka kagumi. Jelas hal ini tidak diperbolehkan dalam Islam. Kita mengikuti pemahaman para ulama adalah untuk mengenal kebenaran. Maka dari itu kita tidak boleh menisbatkan diri kepada perorangan tertentu selain Nabi kita yang mulia Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hal ini dikarenakan tidak ada seorangpun sepeninggal Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam kecuali bisa diambil ucapannya, kalau salah ditinggalkan. Hanya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang semua ucapannya diambil.

Ada juga penisbatan mereka diambil dari asal bid’ah mereka. Seperti penamaan Rafidhah. Ada juga penamaan yang diambil dari sebab mereka keluar dari aqidah kaum muslimin. Contohnya seperti orang-orang Khawarij.

Penisbatan Kepada Kelompok-Kelompok Menyimpang

Ini adalah kelompok yang menisbatkan diri kepada Islam namun pemahaman mereka menyimpang dari sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam.

Ketika bermunculan kelompok-kelompok yang menisbatkan diri kepada Islam yang padahal mereka itu memisahkan diri dari tulang punggung kaum muslimin. Mereka mengatakan bahwa mereka termasuk kelompok Islam dan bahkan memperjuangkan Islam namun dasar pamahaman atau manhajnya menyimpang dari sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan pembahaman para sahabat.

Baca Juga:  Adab dan Do'a Sebelum Tidur - Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Ketika itulah muncul penamaan-penamaan syar’iyyah bagi ahlussunnah. Penamaan-penamaan yang sesuai dengan syar’i yang membedakan mereka dari kelompok-kelompok tersebut.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Penisbatan Kepada Kelompok-Kelompok Menyimpang – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Baca Juga:  Buah dan Faidah dari Keimanan Bagian 3 - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Download: Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Khutbah Idul Adha, kultum

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.