Telegram Rodja Official

Kun Salafiyyan 'alal Jaaddah

Pengertian Ahlul Hadits

By  | 

Pengertian Ahlul Hadits merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A. dalam pembahasan kajian kitab “كن سلفيا على الجادة (Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah)” karya Syaikh Abdussalam bin Salim As-Suhaimi hafidzahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan manhaj dan salaf. Kajian ini disampaikan pada 12 Sya’ban 1439 H / 28 April 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Penisbatan Kepada Kelompok-Kelompok Menyimpang

Ceramah Agama Islam Tentang Pengertian Ahlul Hadits – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Mereka orang-orang yang ahli membahas hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ahli dalam memisahkan hadits yang shahih dengan yang lemah. Memisahkan hadits yang pantas dijadikan sebagai argumentasi dan mana yang tidak. Kemudian mereka merujuk kepada pemahaman para ulama ahlussunnah wal jama’ah dalam memahami dan mengamalkan hadits tersebut. Mereka tidak memahami berdasarkan pemikiran akal. Sehingga mendatangkan hadits shahih namun menyebutkan pemahaman-pemahaman yang aneh dan tidak dikenal dikalangan ulama ahlussunnah wal jama’ah.

Termasuk nama atau gelar-gelar yang diberikan untuk ahlussunnah wal jama’ah, mereka disebut sebagai ahlul hadits. Mereka adalah orang-orang yang benar-benar membidanginya dan selalu menyebutkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian mereka selalu menukilkan penjelasan dari para ulama tentang makna hadits tersebut.

Baca Juga:
Bab Durhaka Kepada Orang Tua Adalah Dosa Besar Yang Paling Besar

Penyebutan ahlul hadits ini sering disebutkan dalam ucapan kebanyakan para imam ahlussunnah. Salah satunya ucapan-ucapan Syaikhul Ibnu Taimiyah dalam ucapan-ucapan beliau. Juga ulama-ulama yang lain sebelum dan sesudah beliau. Mereka selalu menyebutkan bahwa “ahlul hadits dalam keyakinannya adalah demikian dan demikian”. Dari sini kita bisa melihat bahwa para ulama tidak membedakan antara ahlul hadits dan ahlussunnah.

Hadits dan sunnah merupakan sinonim dalam sebagian pendapat para ulama. Maka ketika dikatakan ahlul hadits, maka dialah ahlussunnah. Dari sinilah pernyataan yang sangat terkenal yang dinukil oleh para ulama dari ucapan seorang penyair bahwa ahlul hadits adalah orang yang terdekat dengan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam meskipun mereka tidak pernah bertemu dengan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam meskipun mereka tidak pernah bertemu dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Meskipun mereka tidak pernah menyertai diri Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, mereka selalu menyertai nafas-nafasnya. Inilah kemuliaan mereka. Merekalah yang paling berpegang teguh dengan hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Termasuk dalam hal ini adalah membantah hadits-hadits yang lemah, meluruskan pemahaman-pemahaman yang menyimpang dalam memahami hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Inilah tugas yang Allah subhanahu wa ta’ala jadikan kepada para ulama ahlussunnah wal jama’ah dari masa kemasa.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Pengertian Ahlul Hadits – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Baca Juga:
Aqidah Imam Sufyan Ats Tsauri

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Lihat Juga: Radio Streaming, Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Belajar Bahasa Arab,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.