Jika Istri Menolak Ajakan Suami

By  |  pukul 10:00 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 02 Dzulhijjah 1439 / 13 Agustus 2018 pukul 9:40 am

Tautan: https://rodja.id/1z4

Jika Istri Menolak Ajakan Suami adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan “تنبيهات على أحكام تختص بالمؤمنات”(Tuntunan Praktis Fiqih Wanita), sebuah kitab buah karya Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafidzahullah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada 12 Dzul Qa’idah 1439 H / 25 Juli 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Mentaati Suami dan Keharaman Mendurhakainya

Kajian Tentang Jika Istri Menolak Ajakan Suami – Tuntunan Praktis Fiqih Wanita

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَالَّذِيْ نَفْسِي بِيَدِهِ مَـا مِنْ رَجُلٍ يَدْعُو امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهَا فَتَأْبَـى عَلَيْهِ إِلاَّ كَانَ الَّذِيْ فِي السَّمَاءِ سَاخِطًا عَلَيْهَا حَتَّى يَرْضَى عَنْهَا.

Baca Juga:  Hak Rumah - Bagian ke-2 - Tabshiratul Anam (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya. Tidaklah seorang suami memanggil isterinya ke tempat tidurnya lalu ia menolak ajakannya, melainkan Rabb Yang di langit dalam keadaan murka terhadapnya hingga suaminya ridha kepadanya.’”(HR. Muslim)

Ini adalah salah satu hak yang dimiliki oleh suami terhadap istrinya. Hak ini sebenarnya adalah hak yang dimiliki secara bersamaan, baik suami ataupun istri. Yaitu suami berhak untuk dilayani di atas ranjang, dan istri berhak mendapatkan kelezatan berhubungan di atas ranjang dengan suaminya.

Dalam hadits di atas disebutkan kata “ke tempat tidurnya”, ini adalah kata kiasan dari jima’. Hal ini menunjukkan bagaimana sangat beradabnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga beliau menjauhi bahasa yang fulgar. Bahasa kiasan tentang sesuatu yang tabu ini banyak disebutkan didalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tentu hal ini menjadi pelajaran bagi kita, bahwa Al-Qur’an dan hadits-hadits Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam menggunakan bahasa yang sopan dan penuh dengan penuh kiasan untuk sesuatu yang tabu.

Baca Juga:  Dzikir Yang Diajarkan dalam Islam Bagian 2

Oleh karenanya, tidak pantas bagi seorang muslim untuk mengatakan bahwa Al-Qur’an didalamnya terdapat bahasa-bahasa yang kotor atau porno. Karena kebanyakan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam menggunakan bahasa kiasan.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download mp3 Kajian Tentang Jika Istri Menolak Ajakan Suami – Tuntunan Praktis Fiqih Wanita


Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama ini melalui jejaring sosial Facebook, TwitterGoogle+ dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Baca Juga:  Kedudukan Wanita dalam Islam - Bagian ke-3 - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.