Apakah Berlomba dalam Kebaikan Termasuk Hasad?

By  |  pukul 8:56 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 04 Dzulhijjah 1439 / 15 Agustus 2018 pukul 8:56 am

Tautan: https://rodja.id/1zj

Apakah Berlomba dalam Kebaikan Termasuk Hasad? ini merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary. dalam pembahasan Kitab Aktualisasi Akhlak Muslim yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Kajian ini disampaikan pada 18 Syawwal 1439 H / 02 Juli 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Terapi Penyakit Hasad

Kajian Tentang Apakah Berlomba dalam Kebaikan Termasuk Hasad? – Aktualisasi Akhlak Muslim

Banyak orang yang mengira bahwa berlomba-lomba dalam kebaikan termasuk dalam kategori hasad. Padahal tidak demikian. Nabi Muhamaad shallallahu ‘alaihi wa allam menyebutkan, “jangan kamu saling berlomba-lomba dalam keburukan dan jangan kamu saling hasad satu sama lain.”

Hasad Yang Terpuji

Kita berlomba-lomba dalam kebaikan, ketaatan, amal shalih, ibadah dan lain sebagainya dengan saudara-saudara kita, itu adalah sesuatu yang terpuji. Bahkan ini termasuk akhlak yang terpuji. Hal ini menunjukkan level iman seseorang. Begitulah para sahabat terdahulu. Mereka saling berlomba dan seolah tidak mau kalah dengan saudaranya didalam kebaikan-kebaikan. Ini adalah hal yang positif dan membawa kepada keutamaan-keutamaan.

Baca Juga:  Nasihat Jiwa Yang Tertimpa Musibah

Jadi munafasah ini adalah usaha keras seseorang untuk menyerupai dan menyamai orang lain didalam hal kebaikan-kebaikan tanpa merasa benci terhadap orang tersebut apalagi menginginkan keburukan atas orang itu. Sementara hasad itu muncul dari perasaan benci terhadap kelebihan-kelebihan yang ada pada orang lain dan kadang kala diiringi dengan keinginan-keinginan buruk. Adapun munafasah adalah keinginan untuk sama dengan orang lain didalam kebaikan-kebaikan. Tentunya dengan cara-cara yang dibenarkan didalam syariat Islam.

Munafasah ini adalah yang disebut dan disinggung oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam didalam hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَحَسَدَ إِلاَّ فِى اثْنَتَيْنِ رَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ مَالاً فَسَلَّطَهُ عّلّى هَلَكَتِهِ فِى الْحَقِّ وَرَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ حِكْمَةً فَهُوَ يَقْضِى بِهَا وَيُعَلِّمُهَا

Baca Juga:  Fenomena Akhir Zaman: Munculnya Dajjal (Bagian ke-1) - Kitab Asyrathus Sa'ah (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

“Tidak ada hasad kecuali kepada dua orang,yang pertama; kepada seseorang yang telah diberi harta kekayaan oleh Allah dan ia habiskan dijalan yang benar, yang kedua; kepada seseorang yang telah diberi hikmah (ilmu) oleh Allah dan ia memutuskan perkara dengannya serta mengajarkannya. (HR. Bukhari)

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian Tentang Apakah Berlomba dalam Kebaikan Termasuk Hasad? – Aktualisasi Akhlak Muslim


Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:  Nikmatnya Ukhuwah karena Allah (Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.)

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.