Murah Hati dan Semangat Berbagi

By  |  pukul 10:52 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 09 Dzulhijjah 1439 / 20 Agustus 2018 pukul 10:52 am

Tautan: https://rodja.id/1zr

Murah Hati dan Semangat Berbagi merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary. dalam pembahasan Kitab Aktualisasi Akhlak Muslim yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Kajian ini disampaikan pada 24 Dzul Qa’idah 1439 H / 06 Agustus 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Sifat Murah Hati dan Suka Membantu

Kajian Tentang Sifat Murah Hati dan Suka Membantu – Aktualisasi Akhlak Muslim

Kajian ini membahas bagaimana Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita semua semangat untuk berbagi dari rejeki yang Allah subhanahu wa ta’ala limpahkan kepada kita mulai dari hal-hal yang kecil sampai hal-hal yang besar.

Semangat berbagi ini hendaknya dimulai dari hal-hal yang mungkin terlihat sepele ataupun remeh. Dan ini yang ditanamkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para sahabat yang mulia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga:  Persatuan Umat Islam - Bagian ke-2 - Poin 80 - Syarah 'Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah (Ustadz Yazid 'Abdul Qadir Jawas)

طَعَامُ اْلإِثْنَيْنِ كَافِي الثَّلاَثَةَ، وَطَعَامُ الثَّلاَثَةَ كَافِي اْلأَرْبَعَةَ.

Makanan dua orang cukup untuk tiga dan makanan untuk tiga orang mencukupi untuk empat orang.” (HR. Bukhari)

Ini adalah salah satu anjuran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menumbuhkan semangat berbagi diantara kaum muslimin. Dalam bab yang lain Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memotivasi untuk berbagi tunggangan. Ini adalah salah satu cara Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menumbuhkan semangat berbagi diantara kaum muslimin.

Orang yang bakhil sebenarnya kebakhilannya itu merugikan dirinya sendiri. Dia bakhil terhadap dirinya sendiri. Maka untuk membunuh dan untuk mengusir sifat kikir, bakhil, pelit dan sejenisnya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan kita untuk mempunyai semangat berbagi dalam hal-hal yang kelihatannya sepele.

Baca Juga:  Bab Berilmu sebelum Beramal - Hadits 67 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Dahulu Abdullah bin Umar tidak pernah berbuka sendiri. Beliau selalu mengajak orang lain untuk berbuka bersama. Karena hal itu cukup untuk yang lainnya juga.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian Tentang Murah Hati dan Semangat Berbagi – Aktualisasi Akhlak Muslim

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Baca Juga:  Memahami Kekuasaan Allah Ta'ala - Kitab Mausu'ah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00