Berbagi Kemanfaatan Harta

By  |  pukul 2:58 pm

Terakhir diperbaharui: Minggu, 15 Dzulhijjah 1439 / 26 Agustus 2018 pukul 10:35 am

Tautan: https://rodja.id/1zs

Berbagi Kemanfaatan Harta merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary. dalam pembahasan Kitab Aktualisasi Akhlak Muslim yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Kajian ini disampaikan pada 1 Dzul Hijjah 1439 H / 13 Agustus 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Murah Hati dan Semangat Berbagi

Kajian Tentang Berbagi Kemanfaatan Harta – Aktualisasi Akhlak Muslim

Ini merupakan salah satu akhlak muslim yang harus ada pada diri seorang muslim. Karena muslim yang terbaik adalah muslim yang dapat melakukan yang terbaik bagi orang lain. Kemurahan hati dalam hal harta, tidak selalu dengan memberikannya. Akan tetapi bisa juga dengan meminjamkannya kepada orang yang membutuhkan. Hal ini termasuk dalam berbagi kebaikan. Yaitu kita berbagi kebaikan melalui manfaat dari barang yang kita miliki dengan memberikan pinjaman.

Baca Juga:  Faidah dan Buah Manis dari Iman - Bagian ke-3 - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Pinjaman uang diberikan tanpa bunga dan sebisa mungkin dengan perjanjian yang lunak. Karena tujuan kita adalah membantu. Dan bagi yang dibantu hendaklah menunaikan kewajibannya. Yaitu mengembalikan pinjaman serta berterima kasih kepada orang yang telah membantunya. Apabila seseorang meminjamkan uangnnya dengan ikhlas kepada orang yang membutuhkan, niscaya Allah subhanahu wa ta’ala akan membalas kebaikannya itu. Terlebih lagi jika orang itu memberikan kelapangan kepada saudaranya didalam mengembalikan pinjaman tersebut. Maka setiap hari yang dia beri tangguh itu terhitung sedekah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كَانَ تَاجِرٌ يُدَايِنُ النَّاسَ ، فَإِذَا رَأَى مُعْسِرًا قَالَ لِفِتْيَانِهِ تَجَاوَزُوا عَنْهُ ، لَعَلَّ اللَّهَ أَنْ يَتَجَاوَزَ عَنَّا ، فَتَجَاوَزَ اللَّهُ عَنْهُ

Baca Juga:  Bab Pertanyaan Malaikat Jibril kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang Iman, Islam, Ihsan, dan Hari Kiamat - Hadits 50 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Dulu ada seorang pedagang biasa memberikan pinjaman kepada orang-orang. Ketika melihat ada yang kesulitan, dia berkata pada budaknya: Maafkanlah dia (artinya bebaskan utangnya). Semoga Allah memberi ampunan pada kita. Semoga Allah pun memberi ampunan padanya.” (HR. Bukhari no. 2078)

Inilah satu kebaikan yang dapat memadamkan kemarahan Allah, menghapus kesalahan-kesalahan kita dan membuat Allah ridha kita dan memasukkan kita kedalam surga. Yaitu berbagi kemanfaatan harta dan memberikan kemudahan kepada orang yang meminjam untuk mengembalikannya.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian Tentang Berbagi Kemanfaatan Harta – Aktualisasi Akhlak Muslim

Baca Juga:  Apakah Masih Wajib Ke Masjid Orang Tua Yang Sudah Pikun?

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Telegram Rodja Official

2 Comments

  1. Muhamad Harun

    Selasa, 10 Dzulhijjah 1439 / 21 Agustus 2018 at 10:52

    Tidak ada link untuk download mp3

    • Admin Radio Rodja

      Minggu, 15 Dzulhijjah 1439 / 26 Agustus 2018 at 10:36

      Alhamdulillah sudah diperbaiki. Silahkan dicoba kembali dan disebarkan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.