Rodja Peduli

Aktualisasi Akhlak Muslim

Berbagi Kemanfaatan Harta

By  |  pukul 2:58 pm

Terakhir diperbaharui: Minggu, 26 Agustus 2018 pukul 10:35 am

Tautan: https://rodja.id/1zs

Berbagi Kemanfaatan Harta merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary. dalam pembahasan Kitab Aktualisasi Akhlak Muslim yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Kajian ini disampaikan pada 1 Dzul Hijjah 1439 H / 13 Agustus 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Murah Hati dan Semangat Berbagi

Kajian Tentang Berbagi Kemanfaatan Harta – Aktualisasi Akhlak Muslim

Ini merupakan salah satu akhlak muslim yang harus ada pada diri seorang muslim. Karena muslim yang terbaik adalah muslim yang dapat melakukan yang terbaik bagi orang lain. Kemurahan hati dalam hal harta, tidak selalu dengan memberikannya. Akan tetapi bisa juga dengan meminjamkannya kepada orang yang membutuhkan. Hal ini termasuk dalam berbagi kebaikan. Yaitu kita berbagi kebaikan melalui manfaat dari barang yang kita miliki dengan memberikan pinjaman.

Pinjaman uang diberikan tanpa bunga dan sebisa mungkin dengan perjanjian yang lunak. Karena tujuan kita adalah membantu. Dan bagi yang dibantu hendaklah menunaikan kewajibannya. Yaitu mengembalikan pinjaman serta berterima kasih kepada orang yang telah membantunya. Apabila seseorang meminjamkan uangnnya dengan ikhlas kepada orang yang membutuhkan, niscaya Allah subhanahu wa ta’ala akan membalas kebaikannya itu. Terlebih lagi jika orang itu memberikan kelapangan kepada saudaranya didalam mengembalikan pinjaman tersebut. Maka setiap hari yang dia beri tangguh itu terhitung sedekah.

Baca Juga:
Janganlah Engkau Berkata “Semoga Allah Memburukkan Wajahnya”, Menghindari Memukul Wajah, dan Barangsiapa yang Menampar Budaknya maka Dianjurkan baginya untuk Membebaskan Budak Tersebut - Hadits 172-180 - Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كَانَ تَاجِرٌ يُدَايِنُ النَّاسَ ، فَإِذَا رَأَى مُعْسِرًا قَالَ لِفِتْيَانِهِ تَجَاوَزُوا عَنْهُ ، لَعَلَّ اللَّهَ أَنْ يَتَجَاوَزَ عَنَّا ، فَتَجَاوَزَ اللَّهُ عَنْهُ

Dulu ada seorang pedagang biasa memberikan pinjaman kepada orang-orang. Ketika melihat ada yang kesulitan, dia berkata pada budaknya: Maafkanlah dia (artinya bebaskan utangnya). Semoga Allah memberi ampunan pada kita. Semoga Allah pun memberi ampunan padanya.” (HR. Bukhari no. 2078)

Inilah satu kebaikan yang dapat memadamkan kemarahan Allah, menghapus kesalahan-kesalahan kita dan membuat Allah ridha kita dan memasukkan kita kedalam surga. Yaitu berbagi kemanfaatan harta dan memberikan kemudahan kepada orang yang meminjam untuk mengembalikannya.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian Tentang Berbagi Kemanfaatan Harta – Aktualisasi Akhlak Muslim

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Baca Juga:
Tawadhu - Bagian ke-3 - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.