Telegram Rodja Official

Al-Ishbah

Kesalahan Dalam Memahami Arti Wara’

By  | 

Kesalahan Dalam Memahami Arti Wara’ yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. dalam pembahasan Kitab “Al-Ishbah fi Bayani Manhajis Salaf fi Tarbiyah wal Ishlah” karya Syaikh Abdullah bin Shalih Al-‘Ubailan hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada 13 Dzul Qa’idah 1439 H / 26 Juli 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Bermuamalah dengan Jujur, Amanah dan Selalu Memberi Nasihat

Kajian Islam Tentang Memahami Arti Wara’ – Kitab Al-Ishbah

Seseorang bisa jadi salah dalam memahami makna wara’ dari tiga sisi. Yaitu:

Pertama, banyak diantara manusia yang meyakini bahwa wara’ itu masalah meninggalkan yang haram saja. Adapun melaksanakan kewajiban tidak masuk dalam bagian wara’. Keyakinan ini diyakini oleh banyak manusia. Orang-orang yang wara’ banyak terjatuh pada kesalahan ini. Beberapa orang yang wara’, mereka tidak mau memakan harta yang haram, tidak mau menerima uang yang syubhat. Karena hal itu semua harta yang dzalim. Salah satu dari orang yang wara’ juga tidak mau condong kepada orang-orang yang dzalim. Tetapi mereka meninggalkan sesuatu yang mestinya ditinggalkan. Misalnya silaturahim. Silaturahim adalah perintah dari Allah subhanahu wa ta’ala. Terkadang seseorang bisa meninggalkan perkataan dusta, tetapi dia tidak mengamalkan perintah Allah subhanahu wa ta’ala berupa menyambung tali silaturahim. Padahal melaksanakan perintah adalah bagian dari wara’.

Baca Juga:
Hikmah Adanya Perselisihan Umat Islam - Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 176-178

Contoh yang lain adalah menunaikan hak tetangga. Kemudian menunaikan hak orang miskin. Sebagian dari orang yang wara’, meninggalkan sesuatu yang haram namun tidak menunaikan hak tetangganya, hak orang miskin, hak sahabatnya, hak anak yatim, hak penguasa, hak ulama, hak jihad dan yang lainnya dari perkara-perkara yang ada manfaatnya untuk makhluk.

Wara’ semacam ini berbahaya. Bisa menjatuhkan orangnya kedalam bid’ah yang besar. Karena wara’nya khawarij, syi’ah, mu’tazilah dan yang semisal mereka adalah dari jenis wara’ yang seperti ini. Mereka memandang bahwa wara’ hanya pada masalah meniggalkan yang haram.

Simak Kajian Lengkapnya dan Download MP3 Ceramah Agama Tentang Memahami Arti Wara’ – Kitab Al-Ishbah

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda dan bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lain.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Lihat Juga: Radio Streaming, Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Belajar Bahasa Arab,

Baca Juga:
Indahnya Bersholawat Sesuai Sunnah
Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.