Telegram Rodja Official

Wajib dan Pentingnya Shalat Berjama’ah

By  |  pukul 9:42 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 19 Rabiul awwal 1440 / 27 November 2018 pukul 7:10 pm

Tautan: https://rodja.id/206

Wajib dan Pentingnya Shalat Berjama’ah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan Kitab Ta’dhim Ash Shalah, sebuah kitab buah karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr. Pembahasan ini juga disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada 1 Dzul Hijjah 1439 H / 02 September 2018 M.

Penerjemah: Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Status Program Kajian Kitab Ta’dhim Ash Shalah

Status program Kajian Ta’dhim Ash Shalah: telah selesai.

Download juga kajian sebelumnya: Hubungan Shalat dengan Melihat Wajah Allah di Akhirat

Kajian Tentang Wajib dan Pentingnya Shalat Berjama’ah – Kitab Ta’dhim Ash Shalah

Ketahuilah diantara syiar-syiar Islam yang paling nampak dan keistimewaan agama ini yaitu disyariatkannya shalat jama’ah di masjid-masjid bersama kaum muslimin. Dan shalat jama’ah ini wajib bagi laki-laki baik dalam kondisi berada ditempatnya atau dalam kondisi safar. Bahkan baik dalam kondisi aman ataupun dalam kondisi takut. Hukum shalat jama’ah ini adalah fardhu ‘ain, wajib bagi setiap laki-laki yang telah baligh.

Baca Juga:  Bukti Wajib Didatangkan Oleh Seorang Penuntut - Ushul Fiqih

Dalilnya terdapat dalam Al-Qur’an dan Sunnah serta amal kaum muslimin dari generasi ke generasi. Karena syariat shalat berjama’ah inilah masjid-masjid dimakmurkan, imam-imam ditentukan, para muadzin juga ditentukan. Dan juga disyariatkan untuk dikumandangkannya adzan dengan suara yang keras.  Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَإِذَا كُنتَ فِيهِمْ فَأَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلَاةَ فَلْتَقُمْ طَائِفَةٌ مِّنْهُم مَّعَكَ وَلْيَأْخُذُوا أَسْلِحَتَهُمْ فَإِذَا سَجَدُوا فَلْيَكُونُوا مِن وَرَائِكُمْ وَلْتَأْتِ طَائِفَةٌ أُخْرَىٰ لَمْ يُصَلُّوا فَلْيُصَلُّوا مَعَكَ وَلْيَأْخُذُوا حِذْرَهُمْ وَأَسْلِحَتَهُمْ ۗ وَدَّ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْ تَغْفُلُونَ عَنْ أَسْلِحَتِكُمْ وَأَمْتِعَتِكُمْ فَيَمِيلُونَ عَلَيْكُم مَّيْلَةً وَاحِدَةً ۚ وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِن كَانَ بِكُمْ أَذًى مِّن مَّطَرٍ أَوْ كُنتُم مَّرْضَىٰ أَن تَضَعُوا أَسْلِحَتَكُمْ ۖ وَخُذُوا حِذْرَكُمْ ۗ إِنَّ اللَّـهَ أَعَدَّ لِلْكَافِرِينَ عَذَابًا مُّهِينًا ﴿١٠٢﴾

Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang shalat besertamu) sujud (telah menyempurnakan serakaat), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu], dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. Orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu.”  (QS. An-Nisa[4]: 102)

Baca Juga:  Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1238-1245 - TPP: Sunnah Nabi dalam Memakai Sarung, Perintah Berbuat Adil terhadap Anak, hingga Perintah untuk Memelihara Jenggot (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Inilah perintah untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan kita ketahui bahwasannya perintah kepada Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah perintah untuk seluruh umatnya selama tidak ada dalil yang menunjukkan kepada kekhususan perintah tersebut kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka tentu ayat ini menunjukkan wajibnya shalat berjama’ah. Karena tidak diberi keringanan kepada kaum muslimin untuk meninggalkannya dalam kondisi takut. Seandainya tidak wajib maka tentu udzur yang paling mungkin untuk diberikan bagi orang yang ingin meninggalkan shalat berjama’ah adalah rasa takut.

Dikarenakan shalat jama’ah dalam kondisi takut ini banyak kewajiban-kewajiban shalat yang boleh untuk ditinggalkan, maka ini menunjukkan bahwa shalat berjama’ah ini sangat penting. Kita lihat dalam shalat takut ini banyak sekali gerakan-gerakan, perpindahan-perpindahan bahkan diperbolehkan untuk membawa senjata, mengawasi gerakan musuh dan bahkan menyeleweng dari kiblat. Maka ini dalil yang paling kuat tentang wajib dan pentingnya shalat berjama’ah itu.

Baca Juga:  Adab Tidur - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Wajib dan Pentingnya Shalat Berjama’ah – Kitab Ta’dhim Ash Shalah


Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Download: Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Khutbah Idul Adha, kultum, ceramah singkat

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.