Keagungan dan Kedudukan Shalat Subuh Berjama’ah di Masjid

By  |  pukul 7:52 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 07 Muharram 1440 / 17 September 2018 pukul 2:13 pm

Tautan: https://rodja.id/20v

Keagungan dan Kedudukan Shalat Subuh Berjama’ah di Masjid adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan Kitab Ta’dhim Ash Shalah, sebuah kitab buah karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr. Pembahasan ini juga disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada 28 Dzul Hijjah 1439 H / 09 September 2018 M.

Penerjemah: Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Download juga kajian sebelumnya: Potret Sahabat dalam Menjaga Shalat Berjama’ah

Kajian Tentang Keagungan dan Kedudukan Shalat Subuh Berjama’ah di Masjid – Kitab Ta’dhim Ash Shalah

Ini adalah kedudukan shalat fajar atau shalat subuh. Begitu agung. Maka bagaimana kondisi kita bersama shalat ini. Apakah kita orang yang sangat perhatian dan menghadiri shalat subuh? Sahabat Umar radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwasannya menghadiri shalat subuh berjama’ah lebih dia cintai dari pada shalat semalam suntuk. Imam Malik rahimahullah dalam kitab muwattanya meriwayatkan bahwa Miswar bin Makhramah pernah berkata, “aku masuk ke rumah sahabat Umar dimalam ketika beliau ditikam. Aku ingin membangunkannya untuk shalat subuh.” Perhatikanlah perkataan Miswar bin Makhramah, beliau membangunkan sahabat Umar dimalam ketika beliau ditikam. Ini adalah kondisi yang luar biasa. Karena sesungguhya tidak ada bagian dari Islam bagi orang yang meninggalkan shalat. Dan beliau sahabat Umar radhiyallahu ‘anhu tetap melaksanakan shalat subuh meskipun lukanya terus mengalirkan darah.

Baca Juga:  Aku Ingin Berubah (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Allahu akbar (اَللّٰهُ أَكْبَر), sungguh besar dan agung kedudukan shalat ini. Dan sungguh besar kedudukan shalat ini dihati-hati para sahabat. Sehingga merekapun sangat memperhatikan bahkan ketika mereka berhadapan dengan musuh ataupun saat lukanya terus mengalirkan darah. Maka bagaimanakah perhatian kita terhadap shalat ini? Apakah kita termasuk orang yang selalu menghadiri  dan menjaga shalat subuh secara berjama’ah?

Ini adalah perkara yang agung dan kesibukan-kesibukan dizaman ini sagatlah banyak. Sahabat Umar radhiyallahu ‘anhu memberi peringatan untuk orang yang terlambat menghadiri shalat fajar disebabkan karena ia ketiduran dari Qiyamul lail. Maka apa yang kita katakan kepada orang-orang yang tidak menghadiri shalat fajar disebabkan karena dia begadang untuk melakukan sesuatu yang haram ataupun begadang untuk melakukan sesuatu yang mubah. Jika orang yang tidak menghadiri shalat fajar disebabkan begadang untuk melaksanakan ketaatan saja dia telah berdosa, maka bagaimana orang yang begadang dan ketinggalan shalat fajar disebabkan perkara yang mubah atau disebabkan perkara yang haram.

Baca Juga:  Ahlussunnah Menghukumi Manusia Sesuai Dengan Dzahir Amalnya - Kitab Al-Ishbah (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Kita ketahui bahwa shalat subuh ini dipermulaan hari. Maka orang yang senantiasa menjaga shalat subuh adalah tanda kesuksesan dan kebahagiaan dia pada hari itu. Adapun jika dia menyianyiakannya, maka demi Allah dia telah kehilangan berkah pada hari itu.

Kisah lain yang sangat agung yang diriwayatkan oleh sahabat Umar bin Khattab yang berkaitan dengan shalat berjama’ah. Bahwasannya sahabat Umar radhiyallahu ‘anhu pernah mendatangi rumah Sa’id bin Yarbu’ yang telah kehilangan penglihatannya. Maka sahabat Umar pun mendatanginya dan mengatakan, “janganlah engkau meninggalkan shalat jum’at dan janganlah engkau meninggalkan shalat di masjid Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Maka sahabat Sa’id bin Yarbu’ menjawab bahwa dia tidak ada yang bisa menghantarkan ke masjid. Lalu sahabat Umar mengutus seorang anak kecil dari tawanan untuk menghantar Sa’id bin Yarbu’ menuju shalat berjama’ah.

Baca Juga:  Syarah Aqidah Salaf - Bagian ke-1 - Bekasi 1437 / 2016 (Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat)

Perhatikanlah bagaimana perhatian sahabat Umar kepada shalat berjama’ah. Padahal waktu itu umur Sa’id bin Yarbu’ sudah mendekati seratus tahun.

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Keagungan dan Kedudukan Shalat Subuh Berjama’ah di Masjid – Kitab Ta’dhim Ash Shalah

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.