Telegram Rodja Official

Syarh 'Umdatul Ahkaam

Jihad di Jalan Allah

By  | 

Jihad di jalan Allah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Qatadah dalam pembahasan Syarah Umdatul Ahkam. Kajian ini disampaikan pada 1 Muharram 1440 H / 11 September 2018 M.

Kajian Tentang Jihad di jalan Allah – Syarah Umdatul Ahkam

Dalam kajian ini dibahas tentang hadits-hadits tentang masalah jihad. Hadits-hadits yang dicantumkan oleh penulis mencakup beberapa poin hadits yang menjelaskan tentang keutamaan jihad, hakikat jihad yang mencakup macam-macam jihad, jenis-jenis jihad. Juga dijelaskan didalamnya seputar adab-adab dalam berjihad, kaidah jihad dan hukum-hukum yang ada didalamnya.

Hukum Seputar Jihad

Abdullah bin Abu Aufa menceritakan keadaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam disebagian hari yang beliau melakukan perjalanan untuk berjihad. Sebelum Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam bertemu dengan para musuh dan sebelum terjadi peperangan, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukan penyerangan, tetap beliau menunggu tergelincirnya matahari. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri ditengah pasukan dan berkhutbah (memberikan pengarahan):

يَا أَيُّهَا النَّاسُ لَا تَتَمَنَّوْا لِقَاءَ الْعَدُوِّ وَاسْأَلُوا اللَّهَ الْعَافِيَةَ فَإِذَا لَقِيتُمُوهُمْ فَاصْبِرُوا وَاعْلَمُوا أَنَّ الْجَنَّةَ تَحْتَ ظِلَالِ السُّيُوفِ ثُمَّ قَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ اللَّهُمَّ مُنْزِلَ الْكِتَابِ وَمُجْرِيَ السَّحَابِ وَهَازِمَ الْأَحْزَابِ اهْزِمْهُمْ وَانْصُرْنَا عَلَيْهِمْ

Baca Juga:
Konsep Hukum Jual Beli Dalam Islam - Ushul Fiqih

Wahai kaum Muslimin, janganlah kalian mengharap bertemu dengan musuh, dan mohonlah kesehatan kepada Allah, namun apabila kalian bertemu dengan mereka maka bersabarlah. Ketahuilah oleh kalian semua, bahwa surga berada di bawah naungan pedang.” Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berdiri sambil bermunajat: “Ya Allah, dzat yang menurunkan Al Qur’an, dzat yang menggerakkan awan, dzat yang dapat mengalahkan pasukan Ahzab, hancurkanlah mereka semua dan berikanlah kemenangan atas kami.” (HR. Shahih Muslim No. 3276)

Dalam hadits ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan kepada kita tentang beberapa poin yang berkaitan dengan jihad. Beberapa poin yang dijelaskan adalah tentang keutamaan jihad, adab jihad, sifat mujahid, teori jihad.

Definisi Jihad

Jihad secara bahasa berarti seseorang mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki. Hal ini karena syariat Islam memerlukan upaya yang optimal dari manusia sehingga sampai pada kesempurnaan. Maka dia harus mencurahkan semua kemampuannya. Sedangkan secara istilah, para ulama menjelaskan bahwa makna jihad digunakan kepada dua perkara. Yaitu jihad yang artinya umum dan jihad yang artinya khusus.

Jihad yang artinya umum adalah mencurahkan kemampuan untuk sampai kepada hal-hal yang menyebabkan kita akan dicintai Allah. Dan kita menjauhi setiap perkara yang menyebabkan Allah murka. Ini sesuai dengan firman Allah subhanahu wa ta’ala:

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ اللَّـهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ ﴿٦٩﴾

Baca Juga:
Membentengi Tauhid

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Ankabut[29]: 69)

Jihad dalam makna umum ini, para ulama membagi menjadi empat atau lima jenis. Salah satunya adalah Jihad melawan hawa nafsu. Al-Qur’an telah menunjukkan kepada kita bahwa hati manusia memiliki tiga hal. Jiwa yang condong kepada yang ketaatan, jiwa yang condong kepada kedurhakaan/hawa nafsu, hati yang bimbang (terkadang condong kepada yang haq dan terkadang condong kepada yang buruk). Imam Ibnu Qayyim telah menjelaskan dalam banyak kitabnya tentang rekayasa setan. Maka manusia dalam setiap detiknya bergejolak tiga kekuatan itu.

Sedangkan jihad secara khusus berarti mengerahkan seluruh kemampuan, waktu, kekuatan, fisik, ilmu, semuanya, dalam mengahadapi orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Tentunya ada kaidah, hukum dan syarat tersediri yang telah ditunjukkan oleh dalil-dalil Al-Qur’an, hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dijelaskan oleh para ulama.

Download dan Simak Serta Sebarkan mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Jihad di jalan Allah – Syarah Umdatul Ahkam

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:
Tafsir Surat Al-Qalam - Bagian ke-2 - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Download: Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Khutbah Idul Adha, kultum, ceramah singkat, shalawat, shalat jenazahrukun Islamrukun Iman, ziarah kubur,

Jihad di jalan Allah, hadits tentang Jihad di jalan Allah, hukum jihad di jalan Allah, pengertian jihad di jalan Allah, makna jihad di jalan Allah, dalil jihad di jalan Allah, contoh jihad di jalan Allah, ayat tentang jihad di jalan Allah, bagaimana cara jihad di jalan Allah,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.